Tak Cuma Stroberi, Kamera Ponsel Ini Juga Bikin Netizen Bergidik

Kompas.com - 21/06/2019, 10:32 WIB
Smartphone pemicu trypophobia. Smartphone pemicu trypophobia.

KOMPAS.com - Trypophobia alias ketakutan terhadap pola lubang atau benjolan yang berkumpul secara reguler ternyata juga bisa saat kita melihat smartphone tertentu.

Misalnya saja, salah satu produk smartphone Nokia 9 PureView yang memiliki array lima kamera di bagian belakang.

Kamera yang diluncurkan Februari lalu di Barcelona itu memiliki lima gugus kamera, lampu flash, dan lingkaran hitam yang membentuk pola segi enam dengan satu kamera di tengah seperti terlihat dalam gambar.

Menurut psikolog Inggris, pola kamera smartphone seperti ini dapat memicu respons trypophobia, baik saat didiamkan saja atau digunakan untuk memotret.

Baca juga: Gambar Viral Bikin Netizen Bergidik, Ini Penjelasan Ilmiahnya

"Pola kamera seperti ini memiliki struktur yang menyebabkan trypophobia. Ketika seseorang memotret Anda, kamera akan menyala dan dapat memicu respons trypophobia," ujar psikolog Geoff Cole dari Universitas Essex di Inggris.

Dalam artikel KOMPAS.com berjudul "Gambar Viral Bikin Netizen Bergidik, Ini Penjelasan Ilmiahnya", disebutkan bahwa istilah trypophobia baru diciptakan oleh internet pada 2005, meski kondisi ini sudah ada jauh sebelum internet berkembang.

Pada 2013, Cole dan rekannya pernah mendeskripsikan trypophobia dalam jurnal peer-review.

Kala itu Cole dan tim menemukan, sekitar 16 persen peserta memiliki respons trypophobia dalam tingkat berbeda. Respons yang ditunjukkan para peserta lebih mengarah pada rasa jijik dibanding ketakutan.

Studi sebelumnya menunjukkan, trypophobia dipicu oleh sekelompok kecil lubang yang muncul saat ada proses pembusukan, infestasi, dan infeksi.

Penjelasan lain mengungkap, struktur tetap pada pola mengarah pada predator dan hewan beracun yang kita hindari.

"Beberapa orang sangat terganggu dengan pola lubang atau benjolan seperti ini, mereka biasanya tidak tahan untuk melihatnya," ujar psikolog Stella Lourenco dari Universitas Emory Atlanta dilansir Science Alert, (27/2/2019).

"Fenomena ini kemungkinan memiliki dasar evolusi, mungkin lebih umum dari yang kita sadari," imbuh Lourenco yang juga melakukan riset tentang trypophobia tahun lalu.

Baca juga: Ketakutan Akan Lubang Bukan Fobia Menurut Sains, Ini Penjelasannya

Sebelumnya diketahui bahwa trypophobia dapat muncul karena stroberi, gelembung sabun, lubang pada kayu. Kini daftar panjang pemicu trypophobia bertambah dengan pola kamera tertentu pada smartphone.

Tren menambahkan banyak kamera ke dalam smartphone bisa menjadi masalah baru bagi sebagian orang yang jijik dengan pola berlubang. Dan masalah ini tentunya perlu mendapat perhatian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X