Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Cuma Stroberi, Kamera Ponsel Ini Juga Bikin Netizen Bergidik

Kompas.com - 21/06/2019, 10:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Trypophobia alias ketakutan terhadap pola lubang atau benjolan yang berkumpul secara reguler ternyata juga bisa saat kita melihat smartphone tertentu.

Misalnya saja, salah satu produk smartphone Nokia 9 PureView yang memiliki array lima kamera di bagian belakang.

Kamera yang diluncurkan Februari lalu di Barcelona itu memiliki lima gugus kamera, lampu flash, dan lingkaran hitam yang membentuk pola segi enam dengan satu kamera di tengah seperti terlihat dalam gambar.

Menurut psikolog Inggris, pola kamera smartphone seperti ini dapat memicu respons trypophobia, baik saat didiamkan saja atau digunakan untuk memotret.

Baca juga: Gambar Viral Bikin Netizen Bergidik, Ini Penjelasan Ilmiahnya

"Pola kamera seperti ini memiliki struktur yang menyebabkan trypophobia. Ketika seseorang memotret Anda, kamera akan menyala dan dapat memicu respons trypophobia," ujar psikolog Geoff Cole dari Universitas Essex di Inggris.

Dalam artikel KOMPAS.com berjudul "Gambar Viral Bikin Netizen Bergidik, Ini Penjelasan Ilmiahnya", disebutkan bahwa istilah trypophobia baru diciptakan oleh internet pada 2005, meski kondisi ini sudah ada jauh sebelum internet berkembang.

Pada 2013, Cole dan rekannya pernah mendeskripsikan trypophobia dalam jurnal peer-review.

Kala itu Cole dan tim menemukan, sekitar 16 persen peserta memiliki respons trypophobia dalam tingkat berbeda. Respons yang ditunjukkan para peserta lebih mengarah pada rasa jijik dibanding ketakutan.

Studi sebelumnya menunjukkan, trypophobia dipicu oleh sekelompok kecil lubang yang muncul saat ada proses pembusukan, infestasi, dan infeksi.

Penjelasan lain mengungkap, struktur tetap pada pola mengarah pada predator dan hewan beracun yang kita hindari.

"Beberapa orang sangat terganggu dengan pola lubang atau benjolan seperti ini, mereka biasanya tidak tahan untuk melihatnya," ujar psikolog Stella Lourenco dari Universitas Emory Atlanta dilansir Science Alert, (27/2/2019).

"Fenomena ini kemungkinan memiliki dasar evolusi, mungkin lebih umum dari yang kita sadari," imbuh Lourenco yang juga melakukan riset tentang trypophobia tahun lalu.

Baca juga: Ketakutan Akan Lubang Bukan Fobia Menurut Sains, Ini Penjelasannya

Sebelumnya diketahui bahwa trypophobia dapat muncul karena stroberi, gelembung sabun, lubang pada kayu. Kini daftar panjang pemicu trypophobia bertambah dengan pola kamera tertentu pada smartphone.

Tren menambahkan banyak kamera ke dalam smartphone bisa menjadi masalah baru bagi sebagian orang yang jijik dengan pola berlubang. Dan masalah ini tentunya perlu mendapat perhatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com