NASA Temukan Logo Starfleet dari Film Serial Star Trek di Mars

Kompas.com - 14/06/2019, 11:13 WIB
Formasi mirip logo Starfleet dalam film serial Star Trek di permukaan Mars. Formasi mirip logo Starfleet dalam film serial Star Trek di permukaan Mars.

KOMPAS.com - Di kala manusia bumi sedang menyusun rencana pergi ke Mars, Starfleet atau angkatan perang dalam dunia Star Trek sepertinya sudah sampai di sana duluan.

Belum lama ini, pesawat tanpa awak yang mengorbit di planet merah Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menemukan sebuah formasi mirip logo Starfleet dalam film serial Star Trek di kawasan Hellas Planitia, di belahan selatan Mars.

"Penampakan ini sangat mirip logo starfleet dari film Star Trek yang terkenal. Ini suatu kebetulan yang luar biasa," ujar Ross Beyer dari Universitas Arizona dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Temukan Cara Bikin Oksigen untuk Hidup di Mars

Merujuk Science Alert, Jumat (14/6/2019), bentuk logo Starfleet yang lebih dikenal dengan nama Chevron sebenarnya cukup banyak ditemukan di Mars.

Menurut para ahli, gundukan aneh di dataran Mars berasal dari fenomena aliran larva gunung berapi pada masa lalu.

Sama seperti di Bumi, gunung api Mars di masa lalu juga kerap meletus dan mengeluarkan lava.

Aliran lava mengalir ke permukaan Mars dan menghantam gundukan pasir biasa sehingga saat lava mendingin dia akan menciptakan bentuk aneh seperti pada gambar di atas.

Mempelajari keberadaan jejak gunung api di Mars baru dilakukan belum lama ini.

Untuk kawasan Hellas Planitia, ahli sudah menemukan sekitar 300 formasi seperti ini. Sementara untuk kawasan Labyrinthus Noctis, ahli menemukan sekitar 480 formasi.

Baca juga: NASA Ajak Warga Dunia Terlibat Langkah Awal Perjalanan Manusia ke Mars




Close Ads X