Ilmuwan Berhasil Temukan Cara Bikin Oksigen untuk Hidup di Mars

Kompas.com - 29/05/2019, 16:27 WIB
Ilustrasi astronot di luar angkasa 1971yesIlustrasi astronot di luar angkasa

KOMPAS.com - Salah satu hambatan yang dialami manusia untuk hidup di luar angkasa adalah ketersediaan oksigen. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, para ilmuwan dari Caltech membuat reaktor canggih untuk yang bisa membuat oksigen, termasuk di luar angkasa.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature Communications, dijelaskan bahwa para ahli mengembangkan alat yang bisa melakukan ekstraksi karbon dioksida menjadi oksigen. Karbon dioksida itu nantinya diperoleh dari komet.

Bagi para ahli, terobosan ini diyakini dapat digunakan untuk misi antarplanet masa depan dan juga untuk mengurangi gas rumah kaca di atmosfer Bumi.

Baca juga: NASA Ajak Warga Dunia Terlibat Langkah Awal Perjalanan Manusia ke Mars

Para peneliti tahu bahwa molekul air yang dilepaskan oleh komet dapat dipercepat oleh angin matahari. Kejadian itu membuat molekul melepaskan oksigen ketika mereka jatuh kembali ke permukaan komet.

Mengingat komet dapat memancarkan karbon dioksida, tim kemudian mencari tahu apakah proses tersebut juga dapat mengubah kandungan karbon dioksida dalam komet menjadi oksigen.

Kemudian mereka membuat percobaan dengan mempercepat molekul karbon dioksida dan membuatnya bertabrakan dengan permukaan kertas emas (gold foil surfave).

Kenapa pakai kertas emas? Emas merupakan elemen lembam yang diyakini dapat menciptakan oksigen dari reaksi kimia antara karbon dioksida dan emas.

Pemimpil studi mengaku, pada awalnya tidak yakin bahwa percobaan yang dilakukan bakal berhasil.

"Kami pikir tidak mungkin menggabungkan dua atom oksigen dari molekul karbon dioksida secara bebarengan. Pasalnya, karbon dioksida merupakan molekul linier dan harus "menekuk"nya agar bisa berfungsi," terang Profesor Konstantinos P. Giapis selaku pemimpin studi.

Merujuk IFL Science, Senin (27/5/2019), percobaan mereka ternyata sukses dan para ahli berhasil menemukan cara baru untuk menghasilkan oksigen.

Perangkat yang mereka ciptakan bekerja seperti akselerator partikel mini. Molekul karbon dioksida terionisasi, setelah elektron diambil.