Kompas.com - 07/06/2019, 20:06 WIB

KOMPAS.com – Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, paus bukanlah ikan, meski kerap salah disebut sebagai “ikan paus”. Hewan yang tergolong dalam ordo cetacea ini merupakan mamalia.

Lantas Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana dengan hiu? Apakah hewan ini juga mamalia?

Pertanyaan tersebut pernah dibahas oleh artikel Thought Co. Rupanya, hiu adalah ikan dan bukan mamalia.

Mari kita periksa satu per satu berdasarkan karakteristik mamalia yang dipenuhi oleh paus, yaitu berdarah panas, menghirup oksigen, melahirkan dan menyusui anaknya, berambut dan bertulang keras.

Baca juga: Misteri Temuan Bulu Burung Berbasis Darat di Perut Hiu Terpecahkan

Berdarah dingin

Berbeda dengan paus, hiu berdarah dingin. Mereka tidak memiliki lemak di bawah kulit dan tidak mampu mengatur temperatur tubuhnya. Oleh sebab itu, mereka harus tetap berada di zona air yang menjadi tempat kelahiran mereka, biasa di perairan yang hangat.

Memang ada hiu yang hidup di air dingin, tetapi mereka harus tetap di area tersebut untuk bertahan hidup dan tidak bisa bermigrasi ke perairan hangat seperti paus.

Bernapas dengan insang

Jika paus bernapas dengan paru-paru, hiu bisa menyerap oksigen secara langsung dari air menggunakan insang yang berada di balik struktur bercelah pada samping kepala mereka. Alhasil, hiu tidak perlu muncul ke atas permukaan air untuk menghirup udara.

Bertelur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.