Demi Energi Nuklir yang Aman, Ilmuwan Amati Material Eksotis Matahari

Kompas.com - 26/05/2019, 17:34 WIB
Ilustrasi matahari NASA/SDO (AIA)Ilustrasi matahari

KOMPAS.com – Matahari merupakan sumber energi terbesar yang dimiliki tata surya kita, termasuk bagi Bumi. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai pengisi daya panel surya, energi matahari juga dimanfaatkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, yang kemudian mendorong serangkaian proses siklus energi lain yang berjalan setiap saat di Bumi.

Selain itu, matahari juga merupakan dapur atom, di mana setiap saatnya terjadi reaksi fusi nuklir yang dihasilkan oleh tabrakan atom-atom di dalam tubuh sang surya. Hal inilah yang menghasilkan energi dan kemudian dilepaskan ke seantero tata surya kita.

Reaksi fusi nuklir ini pula yang mendorong para ilmuwan untuk mengamati aktivitas matahari serta perilaku materi di sekitarnya.

Dengan menggunakan teloskop radio dan kamera ultraviolet yang terpasang pada properti NASA, peneliti mengamati material eksotis yang disebut plasma.

Baca juga: Sisa Radioaktif Bom Nuklir Ditemukan di Palung Terdalam Lautan

Plasma merupakan wujud keempat materi selain padat, cair, dan gas, yang selama ini belum banyak dipahami sifatnya.

Meski kita menjumpai sebagian besar materi dalam keseharian dalam bentuk padat, cair, atau gas; justru jumlah materi terbanyak di alam semesta adalah plasma. Sayangnya, plasma merupakan wujud material langka di Bumi.

Plasma dapat diumpamakan sebagai wujud yang dinamis, mirip cairan, namun tidak stabil dan memilki muatan listrik. Layaknya gas, plasma tidak memiliki bentuk atau volume tetap, namun dapat membentuk pancaran dan lapisan jika dipengaruhi medan elektromagnet.

Petir adalah fenomena plasma yang paling umum dijumpai di Bumi.

Namun, plasma yang dijumpai di permukaan Matahari memiliki sifat khusus, karena terjadi pada suhu ekstrim yang sangat tinggi.

Para ilmuwan mempelajari plasma matahari dengan tujuan untuk mengembangkan energi nuklir yang efisien dan aman untuk digunakan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X