Rancang Beras Berprotein Hewani, Pelajar Indonesia Catatkan Prestasi

Kompas.com - 23/05/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi padiDuc Nguyen Van/Pixabay Ilustrasi padi

KOMPAS.com – Saat ini, tingkat konsumsi daging masyarakat Indonesia termasuk dalam tingkat terendah di dunia. Dalam kurun waktu satu tahun, masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi sekitar lima kilogram daging saja.

Meski beberapa tahun belakangan konsumsi daging semakin meningkat, terutama daging ayam, namun hal ini masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan negara lainnya.

Hal ini ditenggarai merupakan akibat dari keterbatasan pendapatan per kapita, terutama bagi kalangan yang kurang mampu.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Michaela Samanta, siswi SMAK Penabur Gading Serpong melakukan penelitian untuk mengembangkan teknologi rekayasa genetika yang mampu menghasilkan beras dengan7 protein hewani.

“Tidak semua orang memiliki akses terhadap makanan yang tinggi protein, karena faktor geografis, kondisi ekonomi, alergi, atau gaya hidup. Oleh karena itu, saya ingin menghasilkan suatu makanan tinggi protein dari makanan sehari-hari yang murah dan gampang didapat,” papar Michaela saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Michaela menjelaskan bahwa beras dipilih karena telah dikonsumsi secara umum oleh mayoritas populasi dunia sebagai makanan pokok. Selain itu, database terkait informasi genetiknya sangat lengkap dan mudah diakses karena sudah diteliti secara menyeluruh sebelumnya.

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengatasi masalah kekurangan nutrisi serta meningkatkan kesetaraan pangan bagi seluruh kalangan masyarakat.