Peneliti Beberkan Susahnya Menghitung Jumlah Spesies di Bumi

Kompas.com - 21/05/2019, 17:34 WIB
Lebah raksasa Wallace difoto oleh Clay Bolt di luar rumahnya. Spesies yang telah menghilang selama 40 tahun ini ditemukan di kepulauan Maluku. Lebah raksasa Wallace difoto oleh Clay Bolt di luar rumahnya. Spesies yang telah menghilang selama 40 tahun ini ditemukan di kepulauan Maluku.

Oleh Tanya Latty dan Timothy Lee


ANDA mungkin berpikir pertanyaan ini hanya berupa bagian sederhana dari perhitungan biologis–berapa banyak spesies berbeda yang membentuk kehidupan di Bumi?

Namun jawabannya mungkin sedikit mengejutkan.

Sederhananya, kita tidak tahu.

Kita dapat mengetahui secara lebih akurat jumlah buku di Perpustakaan Kongres AS daripada jutaan dan miliaran (dan seterusnya) spesies yang hidup di planet kita, tulis ahli ekologi kelahiran Australia Robert May.

Perkiraan untuk jumlah spesies di Bumi saat ini berkisar antara 5,3 jutadan 1 triliun .

Perkiraan tersebut memiliki tingkat ketidakpastian yang sangat besar. Ini seperti mendapatkan laporan bank yang mengatakan Anda memiliki simpanan antara Rp70.000 dan Rp14,5 miliar di rekening Anda.

Mengapa kita tidak tahu jawaban pertanyaan mendasar ini?

Sangat sulit untuk menghitung kehidupan

Salah satu bagian dari masalah ini adalah kita tidak bisa begitu saja menghitung jumlah bentuk kehidupan. Banyak yang hidup di habitat yang tidak dapat diakses (seperti laut dalam), terlalu kecil untuk dilihat, sulit ditemukan, atau hidup di dalam makhluk hidup lainnya.

Spesies baru ditemukan di hampir setiap penyelaman, kata David Attenborough.

Jadi, alih-alih menghitung, para ilmuwan mencoba memperkirakan jumlah total spesies dengan mencari pola keanekaragaman hayati.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X