Ahli Ungkap Identitas Monster Laut Seukuran Mobil Kodok dari Austria

Kompas.com - 13/05/2019, 13:43 WIB
Ilustrasi dari spesies phytosaurus yang baru ditemukan, Mystriosuchus steinbergeri. Binatang mirip buaya ini hidup 210 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang bernama Austria. Ilustrasi dari spesies phytosaurus yang baru ditemukan, Mystriosuchus steinbergeri. Binatang mirip buaya ini hidup 210 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang bernama Austria.

KOMPAS.com - Para ilmuwan belum lama mengungkap identitas empat monster laut seukuran mobil kodok yang ditemukan di lereng berbatu Pegunungan Alpen Austria.

Monster laut mirip buaya ini diperkirakan memiliki panjang mencapai empat meter. Mereka dikenal sebagai phytosaurus.

Berdasarkan analisis tulang, ahli memperkirakan usia phytosaurus yang baru ditemukan sekitar delapan tahun dan masih dalam masa pertumbuhan.

Ketua peneliti Richard Butler yang merupakan seorang profesor paleobiologi di Universitas Birmingham, Inggris, mendeskripsikan spesies baru denagn nama Mystriosuchus steinbergeri itusebagai phytosaurus laut dari zaman Trias akhir, yang hidup 210 juta tahun lalu.