Bak Film "King Kong", 6 Megafauna Ini Pernah Menghuni Bumi Indonesia

Kompas.com - 12/05/2019, 19:05 WIB

KOMPAS.com – Jika anda mencermati dengan seksama saat menonton film King Kong, lokasi Skull Island yang menjadi habitat sang primata raksasa sebenarnya didasarkan pada kondisi bentang alam kepulauan Asia Tenggara.

Skull Island sendiri digambarkan berada di sekitar Pulau Sumatera. Lantas, apakah kondisi Indonesia memungkinkan untuk dihuni berbagai fauna raksasa seperti dalam film tersebut?

Agaknya, film sains fiksi tersebut tidak terlalu jauh dari kenyataan.

Faktanya, terdapat beragam jenis hewan raksasa yang diketahui pernah menghuni kepulauan Indonesia, meski tidak ada bukti keberadaan dinosaurus di sini.

Berikut adalah beberapa hewan besar yang pernah hidup dan berkelana di Indonesia, terutama pada era Pleistosen.

Baca juga: Hobbit Manusia Flores Bukan Kerabat Manusia Jawa, Lantas Apa?

Stegodon

Tengkorak Stegodon ganesha di Natural History Museum, LondonGhedoghedo Tengkorak Stegodon ganesha di Natural History Museum, London

Stegodon merupakan kerabat gajah purba dengan ciri khas gading yang panjang dan relatif lurus. Stegodon dewasa dapat mencapai tinggi sekitar 3,9 meter dan berat hingga 12,7 ton.

Fosil stegodon dapat dijumpai bukan hanya di Indonesia, namun juga tersebar luas di Asia Timur, Asia Tengah, hingga Afrika.

Khusus untuk stegodon yang menempati Pulau Flores, tubuhnya mengalami penyusutan seperti layaknya manusia hobbit (Homo florensiensis), diduga akibat tekanan ekosistem lokal setempat yang juga menyebabkan hobbit berukuran mini.

Harimau Ngandong

Fosil rahang yang diduga milik harimau Trinil atau harimau NgandongPeter Maas Fosil rahang yang diduga milik harimau Trinil atau harimau Ngandong

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.