Misteri Tubuh Manusia, Alasan Perempuan Berpayudara Besar Lebih Sering Sakit Punggung

Kompas.com - 10/05/2019, 11:02 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi


KOMPAS.com - Punya ukuran payudara di atas rata-rata tidak selamanya menyenangkan. Buktinya, beberapa  penelitian membuktikan bahwa perempuan dengan payudara besar sering mengalami sakit punggung.

Studi pertama tentang perempuan berpayudara besar dengan sakit punggung muncul di tahun 2008 dengan 30 responden berusia 18 sampai 30 tahun.

Studi itu menemukan, sekitar 80 persen perempuan salah memilih ukuran bra dengan 70 persen di antaranya memilih menggunakan bra yang terlalu kecil dan sisanya memilih bra yang kebesaran.

Pada perempuan yang memilih bra berukuran lebih kecil mengaku sering mengalami sakit punggung ketimbang perempuan yang memilih bra dengan ukuran pas.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Beberapa Orang Punya Lesung Pipi?

Sejalan dengan penelitian tersebut, studi yang dilakukan tahun 2013 pada wanita pasamenopause menemukan bahwa wanita yang berpayudara besar cenderung mengeluh sakit di bagian punggung dan leher.

Mayoritas peserta dalam penelitian ini diketahui punya berat badan berlebih dan menggunakan bra yang ukurannya tidak sesuai.

Ukuran bra salah bisa jadi pemicu sakit punggung

Memang ada banyak hal yang mungkin menyebabkan punggung sakit pada perempuan dengan payudara besar.

Pada penelitian kedua, para ahli menyatakan bahwa perempuan dengan payudara besar mesti memiliki otot dada dan punggung yang kuat sehingga dapat menjaga postur tubuh.

Bila tidak memiliki otot yang tak begitu kuat, perempuan dengan payudara besar cenderung memiliki postur tubuh yang membungkuk ke depan untuk mengurangi rasa nyeri. Akhirnya, bentuk tulang belakang pun tidak normal dan menimbulkan rasa sakit pada punggung.

Selain itu, para ahli juga sepakat bahwa rasa sakit semakin menjadi karena pemilihan ukuran bra yang salah. Bra yang terlalu sempit membuat tubuh tidak bisa bergerak dengan nyaman dan payudara tidak tertampung sepenuhnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X