Serba Serbi Hewan: Kenapa Kepiting Berjalan Menyamping?

Kompas.com - 05/05/2019, 18:31 WIB
Ilustrasi kepiting Ilustrasi kepiting


KOMPAS.com - Kepiting punyang cara jalan unik yang tidak dimiliki makhluk lain, yakni berjalan menyamping. Proses evolusi, anatomi, dan habitat kepiting sangat berkaitan erat dengan fakta tersebut.

Secara anatomi, kepiting memiliki kaki yang melekat pada bagian samping tubuh, kemudian sambungan kaki mereka menekuk ke arah luar sehingga membuat kepiting hanya bisa bergerak ke samping.

Evolusi kepiting juga membuat tubuh mereka melebar dan pendek dengan perut kecil. Aspek-aspek ini menyebabkan kaki kepiting memanjang di setiap sisi tubuh mereka.

Ini adalah alasan utama mengapa kepiting cenderung membuat gerakan menyamping untuk lebih mudah bergerak di berbagai habitat.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Kenapa Semut kalau Jalan Berbaris?

Dengan cara berjalan unik ini, kepiting mampu bergerak di berbagai lingkungan. Mulai dari permukaan berbatu sampai dasar air.

"Karena kepiting bukan perenang hebat, mereka harus bisa berjalan di berbagai permukaan termasuk pasir, batu, dan bahkan beberapa spesies dapat memanjat pohon kelapa," tulis ahli dalam keterangan di ourmarinespecies.com.

Anatomi kepiting

Penting untuk digarisbawahi, kepiting memiliki banyak anatomi yang layak dipelajari, salah satunya kaki.

Kepiting memiliki 10 kaki di setiap sisi tubuh. Salah satunya sepasang kaki yang ada di bagian depan dan telah berevolusi menjadi penjepit untuk berburu dan bertahan melawan ancaman.

Aspek lain yang membuat kepiting berjalan menyamping adalah cangkang besar kepiting, yang memaksa kepiting untuk lebih mudah berjalan kalau dengan cara  menyampung.

Meski kepiting jalannya ke samping, mereka masih memiliki kemampuan untuk memutar tubuh jika diperlukan.

Habitat kepiting

Alasan kepiting berjalan menyamping juga ada hubungannya dengan habitat mereka. Seperti disinggung sebelumnya, kepiting bisa hidup di pasir, air, dan memanjat pohon kelapa.

Namun, habitat paling umum kepiting adalah di air, baik itu air asin atau tawar.

Meski habitat utamanya di air, kepiting bukanlah perenang unggul. Karena itu, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan dasar air untuk bertahan hidup, salah satunya dengan berjalan ke samping agar bisa bergerak di berbagai permukaan.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Sekarang, diketahui bahwa alasan utama mengapa kepiting berjalan menyamping adalah karena morfologi dan adaptasi dengan lingkungan.

Tidak ada keraguan bahwa semua makhluk di dunia memiliki fitur menarik dan kadang-kadang aneh, yang benar-benar patut dibahas.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X