Kompas.com - 01/05/2019, 17:27 WIB

KOMPAS.com - Saat menatap tembok, acap kali kita melihat deretan semut merah berjalan dalam satu garis rapi menuju suatu tempat.

Pemandangan ini mungkin sering kita lihat sejak kecil. Namun kenapa semut jalannya selalu berbaris?

Melansir laman Pitara, semut adalah serangga sosial. Mereka hidup dalam koloni besar dan memiliki kehidupan sosial yang sangat terorganisir.

Menjadi serangga sosial, semut juga memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dan inilah kunci kesejahteraan hidup mereka.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Di dalam dinding rumah, sebenarnya ada sarang semut merah. Mereka akan keluar sarang dan melakukan perjalanan jauh untuk mencari makanan.

Namun karena semut tidak memiliki peta atau alat bantu navigasi, mereka harus bergantung pada koloni untuk menemukan jalan dan tidak tersesat.

Nah, lalu bagaimana cara semut pulang? Apakah pemimpin pasukan semut hafal arah jalan pulang?

Pemimpin semut tidak tahu jalan pulang, mereka hanya mengikuti aroma kimia yang sengaja ditinggalkan sebelum pergi meninggalkan sarang. Aroma yang ditinggalkan semut itu bernama feromon.

Setiap semut memiliki perbendaharaan "kata" kimia hingga 20 feromon berbeda yang dapat dikeluarkan untuk membentuk jejak aroma tertentu.

Ujung antena pada kepala semut berfungsi untuk menerjemahkan "kata" kimia tersebut sehingga bisa memandu semut dalam satu barisan untuk pergi ke tempat tujuan.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Bisakah Buaya Memanjat Pohon? Ini Kata Ahli

Jika Anda ingin menguji fakta tersebut, Anda bisa menggunakan penghapus kemudian digosokkan ke jalur yang dilalui semut. Alhasil semut bakal kehilangan baru dan mereka akan bergerak ke segala arap.

Jadi, jika nanti Anda melihat semut berjalan tanpa arah dan tampak bingung, Anda tahu apa yang dicarinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Pitara


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.