Avenger: Endgame, Apakah "Spoiler" Sebuah Bantuan atau Kejahatan?

Kompas.com - 26/04/2019, 18:33 WIB
Avengers: Endgame (2019) MARVEL STUDIOSAvengers: Endgame (2019)

KOMPAS.com - Kemeriahan film Avenger: Endgame pada minggu perdana tayang di Indonesia ini terasa sangat semarak. Bahkan, beberapa bioskop melakukan penayangan selama 24 jam.

Sama seperti film lain, kisah tentang superhero ini juga harus melawan bocoran atau spoiler. Bahkan, pada pemutaran perdananya di Los Angeles muncul kampanye untuk tidak membocorkan jalan cerita film tersebut.

Ya, spoiler sering dipandang buruk bagi banyak orang. Bocoran tersebut dianggap sebagai "perusak" kenikmatan menonton.

Namun, benarkah demikian?

Baca juga: Kiat Medis Menahan Pipis Saat Nonton “Avengers: Endgame” Selama 3 Jam

Spoiler adalah Bantuan

Jika banyak orang menganggap spoiler adalah pengalaman buruk, maka pendapat berbeda diungkapkan oleh penelitian dalam jurnal Psychological Science.

Penelitian itu menunjukkan bahwa mengetahui akhir dari sebuah cerita sebelum Anda menyaksikan atau membaca sendiri sebenarnya tidak merusak pengalaman cerita tersebut.

Para peneliti menyebut hal ini sebagai "spoiler paradox".

Melansir dari laporan Psychology Today tahun 2011, hasil tersebut didapatkan oleh Nicholas Christenfeld dan Jonathan Leavitt dari University of California, departemen psikologi San Diego dengan melakukan tiga percobaan menggunakan 12 cerita pendek.

Percobaan pertama, para peserta diberikan spoiler atau bocoran tentang akhir kisah sebelum diizinkan membaca. Pada percobaan kedua, spoiler dimasukkan sebagai paragraf pembuka cerita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X