4 Penyebab Bercak Putih di Tenggorokan, dari Radang sampai Oral Seks

Kompas.com - 15/04/2019, 11:46 WIB
Ilustrasi sakit tenggorokan, panas dalamg-stockstudio Ilustrasi sakit tenggorokan, panas dalam


KOMPAS.com —  Tenggorokan bisa memberi banyak petunjuk bagi kesehatan kita. Kalau ada bercak putih di dalam tenggorokan, itu sangat mungkin disebabkan oleh infeksi.

Melansir Health Line, ada beberapa jenis infeksi yang bisa menyebabkan bercak putih di tenggorokan. Salah satunya infeksi karena bakteri, virus, atau jamur.

Iritasi ringan dan jangka pendek bisa menjadi gejala infeksi dan kondisi lain, seperti hidung tersumbat, demam, sulit menelan, dan bintik putih pada amandel.

Berikut adalah empat kondisi yang bisa membuat bercak putih muncul di tenggorokan.

Baca juga: Ancaman Serius, Infeksi Jamur Super Menyebar ke Seluruh Dunia

Radang tenggorokan

Radang tenggorok mungkin pernah dialami oleh sebagian besar kita, rasanya sungguh tidak menyenangkan.

Ketika radang tenggorok muncul, hal ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri menular dan menyebabkan munculnya bercak putih pada amandel atau di tenggorokan.

Selain sulit menelan karena ada pembengkakan pada tenggorokan atau amandel, kita juga kerap merasa mual, sakit perut, sakit kepala, dan ada yang sampai demam.

Mononukleosis menular

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus sangat menular yang disebut mono. Hal ini juga dapat menyebabkan bercak putih pada amandel dan tenggorokan.

Selain munculnya bercak putih, gejala lain yang dirasakan antara lain demam, kelelahan, amandel membesar, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Kandidiasis orofaringeal

Kandidiasis orofaringeal atau kandidiasis mulut adalah infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan.

Halaman:



Close Ads X