Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil, Seks Oral Bisa Turunkan Risiko Keguguran Berulang

Kompas.com - 03/04/2019, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

LEIDEN, KOMPAS.com - Keguguran adalah salah satu peistiwa tak menyenangkan bagi banyak calon ibu. Apalagi jika keguguran tersebut tidak terjadi sekali, tapi berulang.

Kini, sebuah studi di Belanda menemukan pencegahan keguguran berulang. Menurut studi tersebut, seks oral dikaitkan dengan berkurangnya kejadian keguguran berulang.

Keguguran berulang sendiri adalah ketika seorang perempuan mengalami tiga atai lebih kehilangan kehamilan sebelum 20 minggu. Diperkirakan, kejadian ini dialami oleh 1 persen perempuan di dunia.

Penyebab keguguran berulang bisa bervariasi, mulai dari anomali rahim, gangguan endokrin, trombofilia bawaan, hingga kelainan kromosom.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Bekerja Shift Malam Tingkatkan Risiko Keguguran

Sayangnya, bagi banyak pasangan, penyebab keguguran yang berulang tidak pernah benar-benar teridentifikasi.

Tim ahli kebidanan Belanda dari Leiden University Medical Center kini mengidentifikasi blindspot yang berkaitan dengan keguguran berulang. Menurut mereka, selama ini keguguran berulang sering dikaitkan dengan fenomena imunologi pada sistem kekebalan tubuh ibu.

Sedangkan, faktor ayah belum banyak dieksplorasi. Padahal, beberapa peneliti menunjukkan bahwa laki-laki (terutama air mani mereka) bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh perempuan sebelum dan setelah konsepsi (bertemunya sel telur dan sperma).

Hal ini mengarahkan penelitian mereka pada pemikiran bahwa toleransi ibu spesifik janin terhadap antigen pihak ayah bisa diinduksi melalui paparan sperma, tidak hanya vaginal tapi juga oral.

Salah satu studi pada 2000 menemukan bahwa seks oral dan tindakan menelan sperma berkorelasi dengan berkurangnya kejadian pre-eklampsia (keracunan kehamilan) pada perempuan.

Hasil tersebut tidak lantas berarti seorang ibu hamil harus atau tidak boleh melakukan seks oral. Tapi, temuan itu memacu tim dari Leiden untuk menggali lagi alasan biologi di baliknya.

Penelitian kemudian dilakukan dengan mengamati 97 perempuan yang mengalami tiga keguguran berturut-turut tanpa alasan teridentifikasi dan berusia di bawah 36 tahun saat keguguran ketiga.

Hasil dari para perempuan ini kemudian disandingkan dengan kelompok kontrol, yaitu 137 perempuan yang tidak mengalami keguguran berulang.

Hasil kuesioner menunjukkan, perempuan yang tidak mengalami keguguran rata-rata melakukan lebih banyak seks oral secara signifikan pada pasangan mereka.

Baca juga: Keguguran Berkali-kali Bisa Disebabkan oleh Sperma yang Rusak

Dalam analisis, 56,9 persen dari kelompok keguguran melaporkan secara signifikan lebih sedikit melakukan hubungan seks oral dengan pasangan mereka dibandingkan 72,9 persen dari kelompok non-keguguran yang melaporkan seks oral.

Ilustrasi ibu hamil.shutterstock Ilustrasi ibu hamil.

Hasil yang dilaporkan dalam Journal of Reproductive Immunology itu tidak menunjukkan hubungan sebab akibat apa pun, karena tidak ada bukti sama sekali bahwa seks oral adalah apa yang berkontribusi terhadap pengurangan keguguran ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com