Kompas.com - 03/04/2019, 19:34 WIB

LEIDEN, KOMPAS.com - Keguguran adalah salah satu peistiwa tak menyenangkan bagi banyak calon ibu. Apalagi jika keguguran tersebut tidak terjadi sekali, tapi berulang.

Kini, sebuah studi di Belanda menemukan pencegahan keguguran berulang. Menurut studi tersebut, seks oral dikaitkan dengan berkurangnya kejadian keguguran berulang.

Keguguran berulang sendiri adalah ketika seorang perempuan mengalami tiga atai lebih kehilangan kehamilan sebelum 20 minggu. Diperkirakan, kejadian ini dialami oleh 1 persen perempuan di dunia.

Penyebab keguguran berulang bisa bervariasi, mulai dari anomali rahim, gangguan endokrin, trombofilia bawaan, hingga kelainan kromosom.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Bekerja Shift Malam Tingkatkan Risiko Keguguran

Sayangnya, bagi banyak pasangan, penyebab keguguran yang berulang tidak pernah benar-benar teridentifikasi.

Tim ahli kebidanan Belanda dari Leiden University Medical Center kini mengidentifikasi blindspot yang berkaitan dengan keguguran berulang. Menurut mereka, selama ini keguguran berulang sering dikaitkan dengan fenomena imunologi pada sistem kekebalan tubuh ibu.

Sedangkan, faktor ayah belum banyak dieksplorasi. Padahal, beberapa peneliti menunjukkan bahwa laki-laki (terutama air mani mereka) bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh perempuan sebelum dan setelah konsepsi (bertemunya sel telur dan sperma).

Hal ini mengarahkan penelitian mereka pada pemikiran bahwa toleransi ibu spesifik janin terhadap antigen pihak ayah bisa diinduksi melalui paparan sperma, tidak hanya vaginal tapi juga oral.

Salah satu studi pada 2000 menemukan bahwa seks oral dan tindakan menelan sperma berkorelasi dengan berkurangnya kejadian pre-eklampsia (keracunan kehamilan) pada perempuan.

Hasil tersebut tidak lantas berarti seorang ibu hamil harus atau tidak boleh melakukan seks oral. Tapi, temuan itu memacu tim dari Leiden untuk menggali lagi alasan biologi di baliknya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.