Sejarah Lubang Hitam, dari Gagasan hingga Wujudnya Kelihatan

Kompas.com - 11/04/2019, 19:01 WIB
Ilustrasi seorang seniman menggambarkan lubang hitam quasar, atau supermasif, ultra-bercahaya.
Ilustrasi seorang seniman menggambarkan lubang hitam quasar, atau supermasif, ultra-bercahaya.

KOMPAS.com - Berbagai pemberitaan dihiasi tentang foto pertama lubang hitam yang berhasil dibuat oleh para ilmuwan dunia. Namun jauh sebelum foto ini dibuat, lubang hitam atau black hole telah mengalami sejarah panjang.

Banyak ilmuwan yang memikirkan keberadaan benda langit ini hingga beberapa berhasil mengamati sekaligus membuktikan adanya lubang hitam.

Bahkan setelah melalui beberapa pengamatan dan pengamatan, lubang hitam tetap menjadi misteri bagi banyak ilmuwan. Hingga akhirnya baru-baru ini, foto pertama lubeng hitam dipublikasikan pada khalayak.

Jika menarik waktu mundur ke belakang, beginilah perjalanan pemikiran lubang hitam.

Baca juga: Setelah 2,5 Abad, Gambar Lubang Hitam Pertama Terungkap. Ini Fotonya...

Petunjuk Pertama

Gagasan pertama tentang lubang hitam dibuat oleh ilmuwan Inggris John Michell sekitar tahun 1783. Michell menjelaskan bahwa cahaya tidak bisa lepas dari benda yang memberinya ukuran yang sangat besar.

Karena cahaya tidak bisa lepas dari bintang, maka bintang itu tidak akan terlihat oleh semua pengamat dari luar. Michell menyebutnya sebagai "bintang gelap".

Teori Relativitas

Berbicara tentang lubang hitam tentu tak lepas dari teori relativitas milik Albert Einstein. Ketika memperkenalkan teori tersebut, Einstein mendeskripsikan bahwa ada kelengkungan ruang dan waktu, memproduksi gravitasi.

Teori ini belakangan mengarah pada benda yang bisa membungkuswilayah ruang angkasa secara tak terbatas, berhimpitan dengan garis tepi yang disebut dengan horizon, dari sesuatu yang tidak bisa dilepaskan, yang kita sebut lubang hitam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X