Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D, Pria Kanada Berujung Gagal Ginjal

Kompas.com - 10/04/2019, 20:50 WIB
Ilustrasi vitamin D Boarding1NowIlustrasi vitamin D

KOMPAS.com - Terlalu banyak hal baik ternyata bisa berubah menjadi sebuah malapetaka besar. Seperti halnya harapan lebih sehat karena minum vitamin justru berubah menjadi malapetaka bagi seorang Pria di Kanada.

Pasalnya, pria 54 tahun tersebut minum vitamin dengan dosis berlebihan. Dia mengonsumsi 8 hingga 12 tetes vitamin D pekat setiap hari selama 2 setengah tahun.

Sebagai akibat tindakannya itu, pria itu merusak ginjalnya secara permanen. Dokter bahkan memvonis dia dengan penyakit ginjal kronis stadium 3B.

Berkaca dari kasus ini, para dokter menerbitkan laporan perawatannya pada jurnal medis Canadian Medical Association Journal.

Baca juga: Benarkah Vitamin Berbentuk Permen Jeli Bermanfaat Bagi Tubuh?

Para dokter khawatir jika ada orang lain yang akan jatuh pada perangkap yang sama.

"Pengalaman kami memberitahu bahwa pasien dan dokter harus mendapat informasi yang lebih baik tentang risiko terkait penggunaan vitamin D yang tidak dibatasi," ungkap para penulis dikutip dari Science Alert, Rabu (10/04/2019).

"Mengingat temuan baru dari Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS, pedoman di Kanada saat ini mengenai penggunaan vitamin D oleh individu berisiko rendah harus ditinjau kembali," tegas mereka.

Pria tersebut mengalami kondisi langka yang disebut dengan toksisitas vitamin D. KOndisi ini berpotensi serius akibat dosis berlebih suplemen, bukan karena makanan atau paparan sinar matahari berlebihan.

Kasus ini sendiri diketahui ketika pria itu pulang dari liburan dua minggu di Asia Tenggara. Selama masa liburan, pria itu terpapar sinar matahari selama 8 jam setiap hari dalam waktu 2 minggu.

Dokter keluarga melihat tanda-tanda mengkhawatirkan, yaitu kreatin pasien tiba-tiba meroket. Padahal, ginjal biasanya menyaring kreatin berlebih.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X