Kompas.com - 25/02/2019, 19:03 WIB
- sci-news.com-

KOMPAS.com - Sebuah tim paleontologi dan relawan Australia berhasil menyelamatkan jejak-jejak dinosaurus dari banjir hebat yang melanda Queensland, Australia.

Jejak-jejak dinosaurus yang telah membatu itu bisa memberikan informasi yang lebih dalam tentang kehidupan di zaman purbakala.

Ketika ditemukan di sebuah lahan pertanian dekat kota Winton di negara bagian Queensland, kira-kira 1.100 km dari Brisbane, fosil-fosil itu diperkirakan telah berumur hampir 100 juta tahun.

Baca juga: Tulang Ekor Spesies Baru Dinosaurus Ini Berbentuk Jantung Hati

Jejak-jejak hewan purba itu terekam pada lempengan besar batu pasir, dan berasal dari dinosaurus jenis sauropod, hewan raksasa yang punya leher dan ekor panjang, yang diikuti oleh dua dinosaurus yang lebih kecil.

Sebagian jejak itu berukuran satu meter lebarnya, dan diperkirakan berasal dari zaman Cretaceous. Para pakar khawatir koleksi fosil yang sangat berharga itu akan musnah kalau terjadi banjir besar lagi seperti tahun lalu.

Para pakar dan sukarelawan bekerja keras selama tiga minggu untuk menggali fosil-fosil jejak dinosaurus itu dan memindahkannya ke tempat aman.

Kini fosil-fosil itu disimpan di Musium Dinosaurus di kota Winton dan nantinya akan dipamerkan.

"Kami ingin melestarikan jejak-jejak itu, bukannya menyimpan mereka entah di mana. Semua itu harus dilakukan dengan baik, karena ini adalah penemuan yang sangat langka,” kata David Elliot, kepala museum.