Kompas.com - 16/03/2019, 19:01 WIB
ilustrasi Galleonosaurus dorisae ilustrasi Galleonosaurus dorisae

KOMPAS.com - Dinosaurus umumnya identik dengan ukuran besar. Tapi yang ditemukan di Australia baru-baru ini justru hanya seukuran walabi, hewan berkantung mirip kangguru dengan ukuran lebih kecil.

Dinosaurus kecil yang gesir tersebut diperkirakan menjelajah cekungan lembah kuno antara Australia dan Antartiksa selama periode Cretaceous.

Para arkeolog menemukan fosil dinosaurus mungil itu di Victoria, Australia. Mereka memperkirakan usia fosil tersebut 125 juta tahun.

Fosil yang berhasil ditemukan adalah lima rahang atas yang menyerupai lambung kapal (galleon) terbalik.

Baca juga: Jejak Dinosaurus Langka Diselamatkan dari Banjir Bandang Australia

Karena bentuk rahangnya itu, makhluk purba ini dinamai Galleonosaurus dorisae. Menurut hasil analisis, dinosaurus tersebut termasuk ornithopod atau kelompok pemakan tumbuhan yang memiliki kaki seperti burung dan berjalan dengan kaki belakangnya.

"Dinosaurus kecil ini akan menjadi pelari lincah dengan kaki belakang mereka yang kuat," ungkap Matthew Herne, pemimpin penelitian ini dikutip dari Live Science, Senin (11/03/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tulang-tulang dinosaurus itu terkubur dalam sedimen vulkanik yang kemungkinan terbawa oleh sungai yang mengalir ketika adanya letusan gunung berapi timur yang aktif dalam periode Kapur.

"Sedimen yang tersapu oleh sungai ke celah lembah menciptakan dataran banjir lumpur di hutan, tempat Galleonosaurus dan banyak dinosaurus lain berkembang biak," ujar Herne.

Tahun lalu, Herne dan timnya juga mengidentifikasi spesies ornithopoda kecil lainnya di sedimen vulkanik yang sama. Dinosaurus yang ditemukan tahun lalu diberi nama Diluvicursor pickeringi.

Kini, ketika mereka menemukan Galleonosaurus dorisae, hasil analisis menunjukkan bahwa keduanya merupakan kerabat dekat. Meski begitu, D. pickeringi 12 juta tahun lebih tua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.