Surat Einstein tentang Kegilaan Hitler dan 7 Lainnya Bakal Dilelang

Kompas.com - 27/03/2019, 19:02 WIB
Albert Einstein. BBCAlbert Einstein.

KOMPAS.com - Delapan surat Albert Einstein, termasuk surat tentang kegilaan Hitler dan pengobatan skizofrenia putranya akan dilelang minggu ini.

Seperti kita tahu, Einstein bukan hanya seorang ilmuwan fisika teoritis, tapi juga seorang penulis yang produktif.

Lewat tulisan Einstein, para sejarawan dapat melihat dan menilai bagaimana dunia melalui sudut pandangnya.

Dia memikirkan masalah besar dan kecil, terutama tentang bagaimana dunia memengaruhi dirinya dan orang lain selama masa kekejaman Nazi.

Baca juga: Tercecer 80 Tahun, Catatan Teori Einstein Ditemukan Kembali

Salah satu yang bakal dilelang adalah surat Einstein kepada Maurice Lenz, seorang kepala bidang terapi radiasi di Universitas Columbia, New York pada 10 Juni 1939.

Dalam suratnya Einstein tidak membahas penelitian yang dilakukan Lenz. sebaliknya, Einstein memberi selamat pada Lenz atas pelayanannya bagi pengungsi Yahudi selama Perang Dunia II.

Salah satu surat Einstein yang akan dilelang Jumat (29/3/2019). Salah satu surat Einstein yang akan dilelang Jumat (29/3/2019).

"Kunci perlawanan yang memungkinkan orang Yahudi bertahan hidup selama ribuan tahun adalah kebiasaan saling menolong," tulis Einstein dalam suratnya.

"Semoga kita bertahan dalam ujian ini seperti halnya ayah kita di hadapan kita," imbuh Einstein.

Kemudian surat lain yang ditulis Einstein pada 17 April 1934 kepada mantan istrinya Mileva Mari?, berisi tentang keuangan dan anak-anak mereka.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X