Misteri Tubuh Manusia, Minum Air Berlebih Justru Bahaya untuk Ginjal

Kompas.com - 22/03/2019, 20:03 WIB
Ilustrasi minum air baiajakuIlustrasi minum air


KOMPAS.com - Edisi Misteri Tubuh Manusia pekan ini bertepatan dengan Hari Air Sedunia. Seperti kita tahu, lebih dari setengah tubuh manusia terdiri dari air.

Bila tubuh kekurangan air, itu akan menjadi hal buruk untuk tubuh. Tubuh akan kesulitan melakukan tugasnya.

Namun bila berlebihan,itu juga akan berdampak buruk. Salah satunya merusak ginjal.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Bukankah air bagus untuk ginjal?

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Menguap Bisa Menular?

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia Aida Lydia pernah mengungkap bahwa masyarakat tidak perlu minum air putih berlebihan.

Dalam artikel Kompas.com edisi 8 Maret 2018 dijelaskan, konsumsi air putih sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas masing-masing individu.

Aida berkata, jika air putih diminum berlebihan dapat memperburuk fungsi ginjal.

"Banyak minum air putih bisa sebabkan gangguan elektrolit di darah. Kadar natrium dan kalium darah berkurang, sedangkan kadar cairan di tubuh meningkat, sel tubuh jadi membengkak," terang Aida.

Pembesaran sel tubuh ini terjadi karena banyak natrium yang larut dan menghilang dari dalam tubuh. Padahal, natrium bertugas mengikat air.

Akibatnya, volume darah pun berkurang hingga membuat tekanan darah menurun. Selanjutnya, detak jantung terpacu lebih kuat.

Kerja ginjal, kata Aida, juga akan semakin berat karena harus menyaring cairan yang berlebih. Dikhawatirkan, glomerulus pada ginjal tidak kuat melakukan fungsi filtrasi. Dampaknya bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X