Bukan Venus, Planet Terdekat dengan Bumi Itu Merkurius

Kompas.com - 20/03/2019, 20:07 WIB
Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius. (NASA/JPL)Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius.

KOMPAS.com - Selama ini, Venus dianggap sebagai planet terdekat dengan Bumi. Namun menurut perhitungan baru, Merkurius ternyata lebih dekat dengan planet kita.

Temuan ini dipresentasikan oleh tim peneliti dalam sebuah artikel di majalah Physics Today.

"Ada kecerobohan dalam menghitung jarak rata-rata antar planet," tulis tim peneliti yang terdiri dari Tom Stockham, Gabriel Monroe, dan Samuel Cordner, mahasiswa S3 di University of Alabama.

Baca juga: Studi Baru: Planet Sembilan Mungkin Bukan Planet Seutuhnya

Kesalahpahaman itu berasal dari cara kita biasanya memperkirakan jarak ke planet lain. Biasanya, peneliti menghitung jarak rata-rata planet berdasarkan jarak mereka dari matahari. Bumi jaraknya satu unit astronomi (AU) dari Matahari, sementara Venus sekitar 0,72 AU.

Namun jika dikurangi, jarak antara Venus dari Bumi, yang didapat sebenarnya adalah jarak rata-rata antara orbitnya, bukan jarak antar planet itu sendiri.

Oleh karenanya, menurut trio peneliti, itu bukan merupakan cara yang akurat untuk menghitung jarak planet. Apalagi Bumi menghabiskan banyak waktu di sisi berlawanan dari Venus sehingga jarak rata-rata Bumi dengan Venus 1,72 AU jauhnya.