Peneliti Jepang Temukan Cara Deteksi Gempa 10 Detik Sebelum Guncangan

Kompas.com - 12/03/2019, 18:38 WIB
Ilustrasi gempa bodnarchukIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Setiap hari, terjadi gempa bumi di seluruh dunia. Kadang kala, gempa-gempa itu merenggut ratusan hingga jutaan nyawa.

Salah satu faktor yang menentukan keselamatan banyak orang tersebut adalah sistem peringatan dini. Bahkan, perbedaan hitungan detik dalam sistem peringatan dini tersebut bisa menentukan hidup dan mati.

Untuk terus menemukan sistem deteksi gempa terbaik, para ilmuwan tidak berhenti bereksperimen. Di antara sekian banyak peneliti, para ilmuwan dari Univeritas Tokyo baru saja menemukan sistem deteksi gempa bumi terbaru.

Teknik yang mereka gunakan adalah mengeksploitasi sinyal gravitasi galus yang bergerak di depan getaran. Teknik ini diharapkan bisa meningkatkan sistem peringatan dini gempa bumi di masa depan.