Seukuran Beras, Inilah Spesies Baru Laba-laba "Bertato" Asal Australia

Kompas.com - 09/03/2019, 21:03 WIB
Tiga spesies laba-laba baru asal Australia. Jika laba-laba biasanya diidentifikasi lewat taring atau bulu, laba-laba ini punya kekhasan warna indah pada tubuhnya yang menyerupai tato. Tiga spesies laba-laba baru asal Australia. Jika laba-laba biasanya diidentifikasi lewat taring atau bulu, laba-laba ini punya kekhasan warna indah pada tubuhnya yang menyerupai tato.


KOMPAS.com - Daftar spesies laba-laba asal Australia  bertambah tiga. Menurut ahli taksonomi, ketiganya tidak berbahaya tapi karismatik.

Spesies dari Australia Barat itu diumumkan oleh Joseph Schubert yang memposting gambar dan nama resminya di Twitter.

"Inilah tiga spesies terbaru dari Australia. Sampai hari ini mereka memiliki nama resmi, Maratus aquilus, Maratus felinus, dan Maratus combustus," tulis Schubert yang juga menemukan ketiga serangga itu saat bekerja di Proyek Maratus.

Melansir Fox News, Jumat (8/3/2019), Schubert menerangkan bahwa laba-laba ini memiliki kekhasan tanda berwarna cerah di tubuhnya yang menyerupai tato.

Baca juga: Lama Masuk Daftar Pencarian, Orca Paling Misterius Akhirnya Ditemukan

 

Ini pula yang menjadi daya tarik untuk laba-laba spesies baru itu. Kalau laba-laba lain diidentifikasi dari taring atau rambut, mereka dikenali lewat pola warna cantik di perutnya.

Hal itu pula yang mendasari Schubert menamai mereka berdasarkan pola di perutnya.

Memang, pola di tubuhnya sangat cantik. Namun Anda perlu menggunakan kaca pembesar untuk melihatnya, sebab mereka hanya seukuran beras.

Menurut pengamatan Schubertm laba-laba jantan memiliki warna sangat cerah sementara warna betinanya tidak mencolok dan sulit diidentifikasi.

Sebelum melakukan pembuahan, laba-laba jantan biasanya akan menari ahar si betina tertarik kawin dengannya.

"Mereka luar biasa, kecil tapi sangat karismatik dan penuh warna," ujar Schubert.

Ketiganya ditemukan Schubert di danau Jasper dan Gunung Romance, barat daya Australia. Ia sendiri menjuluki kawasan Australia Barat sebagai rumahnya keanekaragaman hayati Australia.

Sebagai informasi, hingga saat ini sudah ada 73 spesies Maratus yang telah dinamai.

Baca juga: Sulawesi, Rumah Kumbang Yoda Star Wars dan 100 Spesies Baru Lainnya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Fox News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X