Sulawesi, Rumah Kumbang Yoda "Star Wars" dan 100 Spesies Baru Lainnya

Kompas.com - 09/03/2019, 18:02 WIB
Trigonopterus yoda, kumbang hijau mengkilat yang dinamakan seperti karakter Stars Wars ditemukan di Sulawesi. Trigonopterus yoda, kumbang hijau mengkilat yang dinamakan seperti karakter Stars Wars ditemukan di Sulawesi.

KOMPAS.com - Belum lama ini para ilmuwan menemukan ratusan spesies kumbang baru di hutan tropis terpencil yang ada di Sulawesi. Dalam literatur ilmiah manapun, spesies ini belum pernah dideskripsikan dan mungkin tidak pernah diperhatikan keberadaannya.

Ada 103 jenis kumbang yang baru ditemukan, dan semuanya berasal dari kelompok weevils dan genus Trigonopterus. Kumbang-kumbang itu tergolong kecil, besarnya hanya beberapa milimeter.

Para ilmuwan menamakan mahluk ini berdasarkan karakter Star Wars dan Asterix, termasuk Yoda, kumbang hijau mengkilat, dan Obelix - spesimen yang agak bulat.

Yang lainnya diambil dari nama ilmuwan, termasuk Charles Darwin, perintis DNA Francis Crick, dan  James Watson.