Kompas.com - 05/03/2019, 11:02 WIB
Ilustrasi vaksin. SHUTTERSTOCKIlustrasi vaksin.

KOMPAS.com - Meningkatnya wabah campak di seluruh dunia, membuat semua orang awas diri. Tak dipungkiri, salah satu yang bisa melindungi diri dari penyakit menular ini hanyalah vaksin.

Namun bagaimana jika orangtua atau wali kita adalah kelompok anti vaksin atau menolak vaksin karena kepercayaan pada konspirasi vaksin?

Hal seperti ini mungkin dialami banyak orang, salah satunya Ethan Lindenberger. Dia adalah pemuda 18 tahun asal Ohio, Negara Bagian AS yang hidup tanpa vaksin dan akhirnya melakukan pemberontakan pada orangtuanya sendiri.

Singkat cerita, Lindenberger belum pernah divaksinasi karena kepercayaan ibunya tentang dampak vaksin yang justru membuat anak menjadi autis.

Baca juga: WHO: Kasus Campak di Dunia Meningkat, Perangi dengan Vaksin

Oleh karena itu, Linderberger muda mulai mencari tahu sendiri apa itu vaksin, termasuk berkonsultasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Karena usianya pada 2018 genap 18 tahun, secara hukum Lindenberger sah membuat keputusan sendiri.

Langkah awal yang dilakukannya adalah memposting video di laman Reddit ang isinya meminta saran bagaimana mendapat vaksinasi.

Dilaporkan Washington Post, Senin (4/3/2019) pada bulan Desember remaja itu pergi ke Departemen Kesehatan Ohio. Di sana dia menerima serangkaian vaksinasi standar yang mencakup hepatitis A, hepatitis B, influenza dan HPV.

"Saya membuktikannya sendiri. Jelas ada jauh lebih banyak bukti untuk mempertahankan vaaksin dan melakukan vaksin," kata Lindenberger dalam wawancara dengan The Post, Februari lalu.

Keberaniannya ternyata meluas dan menjadi "virus" baru di tengah wabah campak yang menyarang AS. Setidaknya dia dapat memengaruhi lebih dari 100 orang AS dan mendorong peningkatan pengawasan orangtua yang tidak memperbolehkan anak-anaknya divaksinasi.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.