Kompas.com - 07/02/2019, 11:32 WIB
Bajadasaurus pronuspinax memiliki leher dan punggung bertanduk tajak yang diyakini mekanisme pertahanan melawan predator. Bajadasaurus pronuspinax memiliki leher dan punggung bertanduk tajak yang diyakini mekanisme pertahanan melawan predator.

KOMPAS.com - Saat dinosaurus masih berkeliaran di Patagonia, Argentina, Amerika Selatan, mungkin ada satu dinosaurus paling menonjol dengan punggung mohawk.

Kalau mohawk yang kita kenal adalah gaya rambut, maka ini berbeda. Mohawk yang dimiliki dinosaurus bernama Bajadasaurus pronuspinax berupa deretan tanduk seperti duri panjang.

B. pronuspinax hidup 140 juta tahun lalu di awal periode Cretaceous Bawah. Mereka merupakan bagian dari keluarga Sauropoda dan nampak seperti persilangan antara Brontosaurus kecil dengan landak.

"Sauropoda adalah dinosaurus besar dengan leher dan ekor panjang. Namun ini (B. pronuspinax) ukurannya lebih kecil, hanya sekitar sembilan sampai sepuluh meter," jelas ahli paleontologi Pablo Gallina dari National Scientific and Technical Research Council di Argentina.