Kompas.com - 22/02/2019, 20:03 WIB
Ilustrasi bersin Ilustrasi bersin


KOMPAS.com - Semua orang pasti pernah bersin, kapan pun dan di mana pun. Ya, reaksi ini seperti datang tiba-tiba dan tak bisa dikendalikan.

Jika diperhatikan, saat seseorang bersin maka dia akan menutup matanya. Reaksi menutup mata juga merupakan tindakan yang dilakukan secara tiba-tiba dan tidak disadari.

Namun, sebenarnya apa hubungan antara bersin dan reaksi kelopak mata Anda? Benarkah manusia tak mungkin bersin dengan mata terbuka?

Berikut penjelasan ilmiahnya menurut para ahli.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Cegukan?

Yang terjadi pada tubuh ketika bersin

Melansir Hello Sehat, Kita bersin saat hidung kemasukan kuman, bekteri, debu, serbuk sari bunga, partikel halus, polutan, alergen, dan material kecil lainnya.

Saat itu terjadi, otak akan langsung bereaksi dan mengirim sinyal untuk mengusir partikel asing tersebut keluar dari tubuh.

Saat itu terjadi, paru-paru akan terisi cukup banyak udara kemudian membuat otot dada berkontraksi dan menghentakkan udara bersama material asing dari sistem pernapasan.

Hentakan saat kita bersin kecepatannya cukup mengagumkan, yakni 4,5 meter per detik.

Kenapa kita menutup mata saat bersin?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.