Kompas.com - 18/02/2019, 17:06 WIB

KOMPAS.com – Istilah B20, B90 dan B100 terdengar dalam debat capres kedua kemarin (17/2/2019). Khususnya B20, istilah ini muncul dalam visi misi Joko Widodo dan menjadi salah satu pertanyaan bagi kedua calon presiden.

Merujuk pada laman situs resmi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE); istilah tersebut menunjukkan konsentrasi biodesel atau campuran dengan minyak solar dalam bahan bakar.

Dengan demikian, B20 berarti 20 persen biodiesel dicampur dengan 80 persen solar, B90 berarti 90 persen biodiesel dengan 10 persen solar, dan B100 artinya murni biodiesel.

Nah, biodiesel sendiri merupakan salah satu dari tiga bahan bakar nabati, dan dapat digunakan sebagai energi alternatif bahan bakar minyak jenis diesel atau solar.

Baca juga: Dibahas saat Debat Capres, Ini Sejarah Revolusi Industri 1.0 ke 4.0

Dijelaskan oleh Dirjen EBTKE, biodiesel umumnya dibuat melalui reaksi metanolisis atau transesterifikasi antara minyak nabati dengan metanol yang dibantu katalis basa. Hasil dari proses ini berupa ester metil asam lemak (fatty acid methyl ester/FAME).

Namun, apabila kandungan asam lemak bebas pada minyak nabati melebihi lima persen, maka perlu dilakukan reaksi esterifikasi terlebih dahulu.

Untuk gambarannya, Anda bisa melihat skema proses produksi yang telah dibuat oleh Dirjen EBTKE di bawah ini.

Dirjen EBTKE Skema proses produksi biodiesel

Pada saat ini, bahan baku biodiesel di Indonesia berasal dari minyak kelapa sawit atau CPO. Namun, tanaman lain seperti jarak, jarak pagar, kemiri sunan, kemiri cina, dan nyamplung juga berpotensi diolah menjadi biodiesel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.