Kompas.com - 15/02/2019, 20:04 WIB
Ilustrasi tidur. ShutterstockIlustrasi tidur.

KOMPAS.com - Saat sakit, tak jarang orangtua dan dokter menyarankan untuk tidur. Itu bukanlah pesan tanpa makna, tapi memang tidur adalah obat terbaik untuk sembuh dari sakit.

Seperti dilansir Reuters, para peneliti Jerman telah menemukan bagaimana tidur bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan sakit flu.

Tidur tampaknya memperkuat potensi sel-sel kekebalan tertentu dengan meningkatkan peluang sel itu untuk menempel dan akhirnya menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus.

Para peneliti memusatkan perhatian mereka pada sel T, yang melawan infeksi. Ketika sel T menemukan sel yang terinfeksi virus, mereka mengaktifkan protein lengket yang dikenal sebagai integrin yang memungkinkan mereka untuk melekat pada sel itu.

Baca juga: Studi Baru: Kurang Tidur Tingkatkan Rasa Sakit

Para peneliti mampu membuktikan bahwa kurang tidur, serta periode stres berkepanjangan menyebabkan peningkatan hormon menjadi lebih tinggi yang menghambat ‘saklar utama’ untuk mengaktifkan integrin.

"Jika Anda ingin sistem kekebalan tubuh Anda mampu untuk melawan para penyerang, dapatkan waktu tidur yang cukup dan hindari stres kronis," kata pemimpin studi, Stoyan Dimitrov, seorang peneliti di Universitas Tubingen, Jerman.

Dimitrov dan rekannya menduga bahwa hormon tertentu seperti epinefrin, norepinefrin, adenosin dan prostaglandin kemungkinan menghambat aktivasi integrin dengan mematikan saklar utama.

Untuk menguji hipotesis itu, mereka mempelajari sel-sel dari orang yang terinfeksi cytomegalovirus (CMV).

Sel T seharusnya mencari dan menghancurkan sel yang terinfeksi CMV, tetapi ketika sel T pasien dicampur dengan hormon yang dicurigai dalam tabung reaksi, kemampuan sel T untuk mengaktifkan integrin menurun.

Selanjutnya, para peneliti melihat apa yang terjadi pada manusia. Mengetahui bahwa kadar hormon-hormon ini secara alami turun selama tidur, mereka mengumpulkan 10 sukarelawan sehat yang bersedia menghabiskan satu malam tidur di laboratorium dan satu malam lagi, sekitar dua minggu kemudian, terbangun di laboratorium yang sama.