Ahli Temukan Fosil Langka, Ikan Pemakan Bangkai Beserta Lendirnya

Kompas.com - 23/01/2019, 17:01 WIB
Hagfish yang hidup 100 juta tahun yang lalu memiliki kemampuan memproduksi lendir yang sama dengan hagfish modern.
Hagfish yang hidup 100 juta tahun yang lalu memiliki kemampuan memproduksi lendir yang sama dengan hagfish modern.

KOMPAS.com - Para ilmuwan belum lama ini menemukan fosil ikan pemakan bangkai yang bentuknya mirip belut, hagfish.

Berusia sekitar 100 juta tahun, fosil ini tergolong langka karena masih tersimpan jejak lendir padanya.

Hagfish hidup tanpa mata dan rahang. Ia gemar menjilati bangkai hewan dengan lidahnya yang runcing. Selain itu, hagfish juga dikenal mampu mengeluarkan lendir sangat lengket untuk melindungi diri.

Mungkin karena saking lengketnya, jejak lendir itu bisa tertinggal di fosil yang ditemukan di Lebanon.

Baca juga: Serpihan Batu Permata Langka Ditemukan pada Fosil Gigi Kuno

Penemuan ini juga mendorong para ahli untuk mendefinisikan hubungan hagfish dengan ikan purba dan semua hewan bertulang belakang.

Dalam laporan ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Science (PNAS), Senin (21/1/2019), ahli menyebut bahwa fosil hagfish yang mereka temukan cukup lengkap, karena masih menyimpan lendir dan banyak jaringan lunak.

Mereka memperkirakan hagfish itu pernah hidup di periode Cretaceous akhir atau sekitar 145,5 juta hingga 65 juta tahun yang lalu dengan panjang tubuh sekitar 13 sentimeter.

Oleh para ahli, hagfish itu dijuluki Tethymyxine tapirostrum. Tethymyxine berasal dari kata Tethys yang merujuk ke laut Tethys dan myxnios dari bahasa Yunani yang artinya ikan berlendir.

Sementara itu tapirostrum diterjemahkan sebagai moncong tapir untuk menggambarkan moncong ikan yang memanjang.

Hagfish, si sosis perenang

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X