Akibat Evolusi, 9 Bagian Tubuh Ini Tak Lagi Dibutuhkan Manusia

Kompas.com - 18/01/2019, 20:33 WIB
Mug yang menggambarkan evolusi manusia dipajang di rumah naturalis Inggris Charles Darwin, Down House, di Bromley, Kent, 12 Februari 2009. Darwin pindah ke Down House pada 1842. Dia melakukan eksperimen dan penelitian di sana selama 40 tahun. Rumah tersebut dibuka kembali untuk umum pada 13 Februari 2009 sehari setelah ulang tahun ke-200 kelahiran Darwin.AFP PHOTO/CARL DE SOUZA Mug yang menggambarkan evolusi manusia dipajang di rumah naturalis Inggris Charles Darwin, Down House, di Bromley, Kent, 12 Februari 2009. Darwin pindah ke Down House pada 1842. Dia melakukan eksperimen dan penelitian di sana selama 40 tahun. Rumah tersebut dibuka kembali untuk umum pada 13 Februari 2009 sehari setelah ulang tahun ke-200 kelahiran Darwin.

KOMPAS.com — Setiap makhluk hidup di muka bumi selalu berevolusi sebagai bentuk adaptasinya terhadap lingkungan. Tak terkecuali manusia.

Dalam serangkaian evolusi itu, beberapa bagian tubuh manusia kemudian tidak lagi dibutuhkan. Padahal, sebelumnya, bagian-bagian itu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Namun, kini, bahkan jika bagian-bagian itu dihilangkan tidak akan memengaruhi kualitas hidup manusia.

Melansir dari Business Insider, Jumat (18/01/2018), antropolog evolusi dari Boston College, AS Dorsa Amir menyebut setidaknya ada 9 bagian tubuh yang kini kehilangan fungsi awalnya.

Meski kehilangan fungsi selama jutaan tahun, uniknya, 9 bagian tubuh itu tidak menghilang. Lalu, apa saja bagian-bagian tubuh itu?

Baca juga: Studi Ungkap Arti Variasi Bentuk Puting Perempuan bagi Evolusi Manusia

1. Usus Buntu

Usus BuntuUinta General Surgery Usus Buntu

Di masa lalu, usus buntu mungkin membantu orang mencerna tanaman yang kaya akan selulosa. Hal ini masih terlihat pada hewan-hewan vertebrata atau bertulang belakang.

Mereka masih mengandalkan usus buntu atau apendiks untuk mencerna tanaman.

"Ketika (manusia) mulai beraling ke pola makan yang lebih beragam dan banyak konsumsi daging, kita tidak lagi membutuhkan saluran usus yang sangat panjang dan rumit itu," ungkap Amir.

Walaupun tidak lagi mempunyai fungsi awal, bukti ilmiah menunjukkan bahwa usus buntu menyimpan beberapa bakteri usus yang berguna.

Sayangnya, menurut Amir, masih belum jelas apakah itu adalah fungsi awal atau bentuk adaptasi manusia.

2. Otot Palmaris Longus

Cara melihat otot palmaris longus Cara melihat otot palmaris longus

Coba kuncupkan tangan Anda. Perhatikan apakah ada otot yang menonjol di sekitar pergelangan tangan Anda.

Otot yang terlihat itu adalah palmaris longus. Kini, 10 persen populasi manusia di dunia tidak memilikinya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X