Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kenapa Koran Menguning Seiring Berjalannya Waktu

Kompas.com - 15/01/2019, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Jika Anda berlangganan koran, mungkin Anda akan melihat kertas yang menguning seiring bertambahnya waktu.

Seperti diberitakan Reader's Digest, fenomena perubahan warna itu disebabkan oleh proses oksidasi. Proses perubahan warna yang juga mengubah bekas gigitan pada daging apel menjadi coklat.

Bagaimana cara kerjanya?

Baca juga: Dari Mematikan hingga Tak Berbahaya, Kenapa Bisa Ular Berbeda-beda?

Seperti kita tahu, kertas terbuat dari kayu yang mengandung dua zat bernama selulosa dan lignin.

Saat kromofor (molekul yang bertanggung jawab atas warna) pada lignin terpapar udara dan sinar matahari, molekul di dalamnya akan menjadi kurang stabil dan dapat menyerap jumlah cahaya yang lebih besar.

Pada gilirannya, hal inilah yang membuat kertas koran secara bertahap berubah warna, dari putih menjadi kuning. Demikian pula halnya dengan apel.

Dibanding kertas yang lain, surat kabar memang lebih rentan mengalami perubahan warna. Hal ini sebenarnya karena dalam pembuatannya, produsen kertas koran biasanya tidak menyaring lignin kayu untuk alasan penghematan biaya cetak harian.

Pada akhirnya hal tersebut membuat kertas koran lebih mudah mengalami oksidasi.

Sementara proses kimia untuk menjaga warna kertas tidak menguning seiring bertambahnya waktu disebut pemutihan konservasi.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Surat Suara, dari Tembikar hingga Kertas Dicoblos

Meski kertas koran tidak menjalani pemutihan konservasi, ada trik sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas kertas.

Karena kertas koran mudah mengalami oksidasi karena paparan sinar matahari, maka sebaiknya simpan kertas di tempat teduh dan jauh dari jangkauan sinar matahari. Menyimpannya dalam kotak bebas asam dan dilapisi kain juga bisa jadi piihan.

Dengan melakukan hal tersebut, asam yang dilepaskan kertas akan dinetralkan oleh kain akali, yang membantu kertas mempertahankan warna putihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com