Arkeolog Temukan Fosil Rusa Prasejarah di Argentina

Kompas.com - 09/01/2019, 17:30 WIB
Hampir 70 persen tulang rusa prasejarah Morenelaphus ditemukan dalam sebuah fosil. Hampir 70 persen tulang rusa prasejarah Morenelaphus ditemukan dalam sebuah fosil.

KOMPAS.com - Kemarin Senin (7/1/2019) para arkeolog dari Universitas La Matanza menemukan fosil rusa prasejarah di sebelah utara Buenos Aires, Argentina.

Fosil yang belum diketahui pasti usianya masih memiliki 70 persen anggota tubuh, termasuk tulang belakang, ekstremitas, dan gigi.

"Sungguh menakjubkan melihat fosil dengan tulang belakang dan leher yang masih lengkap," kata Jose Luis Aguilar, direktur Museum Paleontologi San Pedro, Buenos Aires, dilansir AFP.

Baca juga: Kaleidoskop 2018: 7 Jejak Peradaban Paling Menarik

Selain satu set gigi dan tulang belakang yang hampir lengkap, kerangka itu juga masih menyimpan lebih dari 20 tulang rusuk, tulang panggul, kaki belakang, dan bagian tulang paha.

Spesies rusa dari genus Morenelaphus itu diperkirakan bobotnya bisa mencapai 200 kilogram.

"Hewan ini memberi gambara pada kita tentang dunia prasejarah di mana lingkungan tempat tinggal mereka jauh berbeda dengan saat ini," sambung Aguilar.

Tulang belakang dan leher rusa yang lengkap ditemukan dalam sisa-sisa fosil hewan yang hidup dua setengah juta tahun yang lalu Tulang belakang dan leher rusa yang lengkap ditemukan dalam sisa-sisa fosil hewan yang hidup dua setengah juta tahun yang lalu

Aguilar dan timnya berencana akan segera melakukan penelitian untuk mengetahui pasti berapa usia Morenelaphus.

Baca juga: Fosil Kuda Ungkap Jejak Orang Terpandang di Pompeii 2.000 Tahun Lalu

Hingga saat ini tim baru memperkirakan Morenelaphus berasal dari zaman Pleistosen, yakni berlangsung sejak 2,5 juta tahun lalu hingga 12.000 tahun lalu.



Close Ads X