Salin Artikel

Arkeolog Temukan Fosil Rusa Prasejarah di Argentina

Fosil yang belum diketahui pasti usianya masih memiliki 70 persen anggota tubuh, termasuk tulang belakang, ekstremitas, dan gigi.

"Sungguh menakjubkan melihat fosil dengan tulang belakang dan leher yang masih lengkap," kata Jose Luis Aguilar, direktur Museum Paleontologi San Pedro, Buenos Aires, dilansir AFP.

Selain satu set gigi dan tulang belakang yang hampir lengkap, kerangka itu juga masih menyimpan lebih dari 20 tulang rusuk, tulang panggul, kaki belakang, dan bagian tulang paha.

Spesies rusa dari genus Morenelaphus itu diperkirakan bobotnya bisa mencapai 200 kilogram.

"Hewan ini memberi gambara pada kita tentang dunia prasejarah di mana lingkungan tempat tinggal mereka jauh berbeda dengan saat ini," sambung Aguilar.

Aguilar dan timnya berencana akan segera melakukan penelitian untuk mengetahui pasti berapa usia Morenelaphus.

Hingga saat ini tim baru memperkirakan Morenelaphus berasal dari zaman Pleistosen, yakni berlangsung sejak 2,5 juta tahun lalu hingga 12.000 tahun lalu.