Berukuran Sama Besar, Ular Berbisa Menelan Ular Lain di Australia

Kompas.com - 08/01/2019, 11:02 WIB
Ini bukan seekor ular yang sangat panjang. Namun ular yang sedang menelan ular lain, padahal ukurannya sama besar. Ini bukan seekor ular yang sangat panjang. Namun ular yang sedang menelan ular lain, padahal ukurannya sama besar.


KOMPAS.com - Seorang petani di Australia Selatan secara tidak sengaja menemukan pemandangan langka, yakni seekor ular coklat yang berbisa sedang memakan ular coklat lainnya.

Petani yang tinggal di Bordertown, sebuah kota yang terletak sekitar 271 kilometer dari Adelaide, Australia, itu bernama Shaun Taylor. Saat sedang menyaksikan kejadian langka itu, ia sedang mengecek kelembaban jerami dan hampir menginjak kedua ular tersebut.

"Pada awalnya saya tidak tahu apa yang terjadi, karena saya hanya melihat satu kepala dan dua buntut," katanya.

"Dan setelah saya lihat lebih dekat lagi, saya baru menyadari adanya seekor ular coklat dewasa menelan ular coklat lainnya, kedua ular itu hampir sama besarnya."

Baca juga: Ahli: Kasus Gigitan Ular Pascatsunami Selat Sunda Hal Wajar

Taylor mengatakan biasanya ular-ular itu tidak tampak karena akan berusaha menhindari manusia.

"Yang sangat menakutkan adalah bahwa kedua ular tersebut hanya berada sekitar dua tiga meter dari posisi saya." katanya lagi.

"Saya yakin, ular itu tahu keberadaan saya. Jadi saya tidak mendekat dan membiarkan mereka melakukan apa yang mereka lakukan."

Taylor mengatakan ketika dia melihat kedua ular coklat tersebut pertama kalinya, satu diantaranya menggulung ular lainnya, dengan ular kedua tidak bergerak.

Namun ketika dia kembali setengah jam kemudian, kedua ular tersebut sudah hilang.
Ular coklat sering memakan yang lain

James Nankivell, seorang mahasiswa yang sedang belajar mengenai ular di University of Adelaide mengatakan, bukanlah hal yang aneh bahwa ular saling memakan sesama ular.

"Hal yang paling aneh sebenarnya adalah bahwa besar masing-masing ular itu hampir sama." kata Nankivell kepada ABC News.

Nankivell berkata, yang umum terjadi dari peristiwa ular makan ular adalah seekor ular berukuran besar mamangsa ular yang ukurannya lebih kecil.

Baca juga: Tertangkap Kamera, Ular Piton Gendong Katak Tebu di Australia

"Ular pada umumnya memang suka memangsa apa saja, tergantung pada kesempatan."

"Ular coklat (salah satu ular paling berbisa di dunia) memang besar, pada umumnya akan memakan apa saja yang lebih kecil dari mereka."

"Kita sudah pernah mencatat bahwa ular coklat memakan ular lainnya, baik yang besarnya sama maupun lebih kecil, dan juga diketahui dimangsa oleh spesies lainnya."

Tidak jelas apakah ular yang dilihat oleh Shaun Taylor itu memakan ular lainnya karena lapar atau bagian dari permusuhan. Pasalnya, ular jenis ini biasanya memakan tikus.



Close Ads X