Digigit Laba-laba Black Widow, Pria Kanada Tak Bisa Kencing

Kompas.com - 28/12/2018, 17:32 WIB
Jaring laba-laba Black Widow ternyata bisa sekuat bajanationalgeographic.com Jaring laba-laba Black Widow ternyata bisa sekuat baja

KOMPAS.com - Apa jadinya jika Anda tiba-tiba kehilangan kemampuan untuk kencing? Tentu sulit membayangkannya, bukan?

Namun inilah yang terjadi pada seorang pria Kanada. Pria itu kehilangan kemampuan kencing setelah digigit seekor laba-laba black widow.

Pria ini mengalami retensi urine akut, yang berarti dia tidak bisa buang air kecil walaupun kandung kemihnya sudah penuh.

Kasus ini dipublikasikan pada Juli lalu di Canadian Journal of Emergency Medicine. Dalam laporan itu, pria berusia 50 ini bertemu laba-laba ketika berjalan melalui rumput tinggi di dekat rumahnya Ontario Selatan.

Sebenarnya, laba-laba black widow jarang ditemukan di Kanada. Itu karena jenis arakhnida ini biasanya memiliki habitat yang lebih hangat.

Baca juga: Musim Kawin, Laba-laba Yunani Bikin Jaring Lebih dari 300 Meter

Melansir dari Live Science, Kamis (27/12/2018), perubahan iklim mungkin mendorong laba-laba ini menjelajah lebih jauh ke utara.

Saat merasakan gigitan, pria itu tidak terlalu memikirkannya dan hanya menyingkirkan laba-laba tersebut. Tapi dua jam kemudian, pria itu merasakan sakit yang luar biasa di kakinya.

Keesokan paginya, rasa sakitnya makin parah. Dia juga mengalami kram di perut sehingga harus dilarikan ke ruang gawat darurat.

Mulanya, dokter pertama yang menanganinya mengira rasa sakit yang dialami pria itu disebabkan oleh batu ginjal. Setelah pemeriksaan singkat, pria itu dipulangkan.

Namun, dia kembali lagi di hari yang sama karena rasa sakit di perutnya bertambah buruk. Dokter kemudian merujuknya ke rumah sakit yang lebih besar untuk pemeriksaan tambahan.

Pria ini kemudian berada di bawah penanganan Dr Matthew Carere, yang melaporkan kasus tersebut. Carere mengatakan, sesampainya di ruang gawat darurat, pria itu sangat kesakitan, banyak berkeringat, dan kedua kelopak matanya bengkak.

Terlebih lagi, tekanan darahnya sangat tinggi. Hasil CT scan mengungkap bahwa kandung kemihnya membengkak secara besar-besaran.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X