Saling Mangsa Saudara dalam Rahim Induk, Bukti Hiu Ganas Sejak "Janin"

Kompas.com - 23/12/2018, 17:35 WIB
Ilustrasi David Doubilet/National Geographic CreativeIlustrasi

KOMPAS.com – Hiu dikenal sebagai hewan karnivora yang memiliki agresivitas yang sangat tinggi. Di lautan, hiu menempati tingkat tertinggi dalam rantai makanan.

Bahkan, keganasan hiu sudah dimulai sejak mereka dalam kandungan.

Di dalam rahim sang induk, embrio atau janin hiu saling bersaing dengan embrio lain, yang sebenarnya adalah saudara mereka. Tak tanggung-tanggung, mereka berkompetisi dengan memakan satu sama lain.

Kengerian tersebut ditambah dengan fakta bahwa embrio hiu melakukan pergerakan yang aktif antara uterus.

Seperti dilansir dari Science Alert,  Jumat (21/12/2018), hal ini terungkap oleh para peneliti dari Okinawa Churaumi Aquarium di Motobu, Jepang.

Baca juga: 85 Juta Tahun Lalu, Hiu Mencoba Makan Reptil Terbang Raksasa

Para peneliti menemukan, anak-anak hiu perawat yang belum lahir (Nebrius ferrugineus) tidak hanya bergerak di sekitar rahim induknya sendiri, tetapi antar-uterus.

"Data kami menunjukkan adanya migrasi embrio yang sering antara uterus kanan dan kiri, hal ini bertentangan dengan janin mamalia yang dikenal menetap," tulis tim dalam laporan mereka.

Temuan ini didapatkan setelah para peneliti melakukan pemindaian ultrasound dengan alat ultrasound yang biasa digunakan untuk memindai janin perempuan hamil manusia.  Hanya saja, kali ini alat tersebut diterapkan untuk hewan laut.

Penelitian ini sudah dilakukan dalam beberapa tahun dengan para peneliti mempelajari tiga hiu perawat yang hamil di sebuah tangki akuarium pameran.

Selama studi, para peneliti menangkap lebih dari 40 klip ultrasound. Hasilnya setidaknya empat hiu kecil yang terlihat bergerak-gerak pada masing-masing induk hiu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X