4 Cara Terbaik Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Menurut Sains

Kompas.com - 22/12/2018, 20:06 WIB
Ilustrasi flu Ilustrasi flu

KOMPAS.com - Musim hujan seperti saat ini sering kali berkolerasi dekat dengan panyakit seperti flu atau batuk. Tapi, beberapa orang bisa terhindar dengan penyakit-penyakit tersebut.

Apa rahasia mereka? Para peneliti AS mencoba menjawab bagaimana sistem imun seseorang bisa meningkat.

Olahraga Teratur

David Nieman, profesor kesehatan masyarakat dan direktur Human Performance Lab di Appalachian State University menyebut salah satu faktor penting untuk sistem imun yang baik adalah olahraga.

"Jika melihat semua faktor gaya hidup yang mengurangi jumlah hari Anda menderita flu, menjadi orang aktif dan bugar adalah yang paling penting," kata Nieman dikutip dari Time, Kamis (20/12/2018).

Baca juga: Virus Ini Bisa Lawan Tumor Otak dan Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nieman menghabiskan bertahun-tahun untuk menguji efek olahraga terhadap kesehatan manusia dan fungsi kekebalan tubuh.

Dalam salah satu penelitiannya, Nieman dan kolega menemukan bahwa 30 menit jalan cepat bisa meningkatkan sirkulasi sel pembunuh patogen alami, sel darah putih dan pejuang sistem kekebalan lainnya.

Ketika sel-sel kekebalan ini menghadapi patogen penyebab penyakit, mereka dapat membunuhnya sangat efektif, ujar Nieman.

"Namun kami menemukan bahwa, sekitar tiga jam setelah olahraga, sel-sel kekebalan tubuh ini mundur kembali ke tempat mereka berasal," katanya.

Artinya, peningkatan sistem kekebalan tubuh dari olahraga bersifat pendek. Itu sebabnya, bagian "teratur" dalam olahraga menjadi penting.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Time
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X