Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen NASA Bahas Kunjungan Alien ke Bumi, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/12/2018, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa kantor berita AS baru-baru ini mengisahkan seorang ilmuwan Badan Antariksa AS (NASA), Silvano Colombano, yang menyebut bahwa alien mungkin telah mengunjungi Bumi. Berita ini ditulis berdasarkan sebuah dokumen di situs web milik NASA.

Pemberitaan tentang alien yang menyambangi Bumi kemudian dengan cepat menarik perhatian publik.

Colombano yang bekerja untuk divisi Sistem Intelijen Agen Luar Angkasa mengakui memang benar menulis dokumen tersebut.

Namun, dalam komentarnya di Live Science, Rabu (05/12/2018), Colombano menyebut ada salah arti dalam pemberitaan yang berkembang. Inti dari dokumen tersebut adalah analisis baru tentang Fermi Paradoks.

"Itu tidak terwakili secara akurat," ungkap Colombano.

"Perspektif saya hanyalah bahwa laporan fenomena udara yang tidak teridentifikasi seharusnya menjadi objek studi yang serius, bahkan jika peluang indentifikasi beberapa teknologi asing sangat kecil," tegasnya.

Baca juga: Ilmuwan Inggris: 10 Tahun Mendatang Alien Akan Ditemukan

Dalam hal ini, Colombano memang benar-benar percaya bahwa mungkin saja alien pernah datang ke Bumi. Meski begitu, ada beberapa perbedaan kecil yang perlu diluruskan.

"(Dokumen ini) konteksnya adalah presentasi yang disampaikan pada musim semi lalu pada pertemuan SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) Institut," ujar Colombano.

SETI sendiri merupakan sebuah organisasi yang fokus untuk berburu keidupan alien. Boasnaya mereka melakukannya dengan memindai sinyal radio dari ruang angkasa untuk bukti asal biologis.

"Pertemuan itu ditujukan untuk mendapat umpan balik dari para ilmuwan mengenai arah masa depan program penelitian institut," imbuhnya.

Dokumen tersebut sebenarnya berisi pembicaraan Colombano yang menyebut bahwa gagasan alien telah mengunjungi Bumi mungkin bukanlah hal yang konyol seperti yang diyakini banyak ilmuwan.

Dengan kata lain, dokumen ini adalah tulisan spekulatif yang dimaksudkan untuk membujuk ilmuwan lain untuk melakukan proyek penelitian terkait alien. Jadi, sebenarnya itu bukan argumen tentang apakah alien benar-benar telah menginjak Bumi.

Colombano menilai bahwa itu merupakan sebuah kemungkinan tapi bisa juga tidak terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com