Kompas.com - 22/11/2018, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Ilmuwan di Inggris memperkirakan tanda kehidupan alien akan ditemukan oleh manusia dalam 10 hingga 20 tahun mendatang.

David Clements, ilmuwan dari Imperial College London tersebut mengatakan, pengamatan tata surya dan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini membuat peluang untuk menemukan kehidupan di luar bumi dalam waktu dekat makin besar.

Hal ini disampaikan Clements dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of British Interplanetary Society. Dalam studinya itu, Clements membahas tentang Fermi Paradox.

Fermi Paradox adalah teka-teki tentang eksistensi alien, bentuk kehidupan lain yang seharusnya melimpah di semesta tapi tak pernah kita temukan.

Untuk mengungkap paradoks tersebut, Clements melihat sejarah kehidupan di Bumi. Dia mempelajari kondisi apa yang dianggap perlu bagi kehidupan untuk ada serta keberadaan planet dan bulan yang berpotensi dihuni di tata surya.

Merunut catatan sejarah, kehidupan di Bumi muncul dalam waktu yang relatif cepat.