Kompas.com - 06/12/2018, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Weewarrasauras pobeni adalah dinosaurus pertama yang dinamai di New South Wales (NSW), Australia, dalam hampir satu abad terakhir. Penamaan spesies baru ini menyusul adanya temuan fragmen tulang rahang dalam ember berisi puing opal di dekat wilayah Lightning Ridge.

Ahli yang terlibat dalam penelitian ini mengklaim W. pobeni adalah dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua seukuran anjing kelpie yang pertama menjelajahi dataran banjir kuno di utara negara bagian itu, 100 juta tahun lalu.

Nama itu diberikan untuk mengenang tambang opal Wee Warra, tempat fosil ditemukan, dan pembeli opal yakni Mike Poben. Poben disebut melihat sesuatu yang istimewa pada opalnya, sehingga segara disumbangkan ke badan terkait untuk diteliti.

"Saya langsung tertarik," kata Poben.

"Saat saya melihatnya, saya langsung berpikir kalau itu gigi atau bagian dari tulang rahang yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Saya yakin ini sesuatu yang langka dan istimewa," sambung dia antusias.