Kompas.com - 06/12/2018, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Weewarrasauras pobeni adalah dinosaurus pertama yang dinamai di New South Wales (NSW), Australia, dalam hampir satu abad terakhir. Penamaan spesies baru ini menyusul adanya temuan fragmen tulang rahang dalam ember berisi puing opal di dekat wilayah Lightning Ridge.

Ahli yang terlibat dalam penelitian ini mengklaim W. pobeni adalah dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua seukuran anjing kelpie yang pertama menjelajahi dataran banjir kuno di utara negara bagian itu, 100 juta tahun lalu.

Nama itu diberikan untuk mengenang tambang opal Wee Warra, tempat fosil ditemukan, dan pembeli opal yakni Mike Poben. Poben disebut melihat sesuatu yang istimewa pada opalnya, sehingga segara disumbangkan ke badan terkait untuk diteliti.

"Saya langsung tertarik," kata Poben.

"Saat saya melihatnya, saya langsung berpikir kalau itu gigi atau bagian dari tulang rahang yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Saya yakin ini sesuatu yang langka dan istimewa," sambung dia antusias.

Baca juga: Jejak Dinosaurus Terkecil Ditemukan, Kakinya Cuma 1 Sentimeter

Poben menemukan fosil itu lima tahun lalu dan membaginya dengan paleontolog Dr Phil Bell dari Universitas New England di Armidale, NSW.

"Saya ingat Mike (Poben) menunjukkan saya spesimen itu, dan saya terkejut," kata Dr Bell.

"Saya harus berusaha keras menahan kegembiraan saya, (opal) itu sangat indah."

Rahang Weewarrasauras pobeni, dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup di Australia 100 juta tahun lalu. Rahang Weewarrasauras pobeni, dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup di Australia 100 juta tahun lalu.

Dr Bell dan timnya menghabiskan dua tahun terakhir untuk menyelidiki dan mengidentifikasi rahang berusia 100 juta tahun itu.

"Ada fitur-fitur tertentu tentang gigi-gigi itu yang merupakan penanda jelas dari sekelompok dinosaurus yang kami sebut ornithopoda, dan ini semua adalah hewan yang berukuran relatif kecil, seukuran anjing, berkaki dua yang memakan tumbuhan."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.