Kompas.com - 16/11/2018, 19:34 WIB

KOMPAS.com – Ketika berbicara mengenai perubahan iklim, salah satu spesies yang disebut-sebut paling terdampak adalah beruang kutub.

Fakta tersebut memang didukung oleh video viral yang menampilkan seekor beruang kutub mencari makan di tempat sampah dan studi pada bulan Februari di jurnal Science yang menyebutkan bahwa beruang kutub terancam kelaparan karena perubahan iklim.

Namun, bukan berarti beruang kutub tidak punya harapan sama sekali. Sebuah survei baru menunjukkan bahwa pada beberapa bagian di Arktika, kondisi populasi beruang kutub tidak separah yang kita bayangkan selama ini.

Bahkan, sebuah populasi baru yang ditemukan di Lautan Chukchi, antara Alaska dan Rusia, kini dalam keadaan sehat dan sedang berkembang.

Baca juga: Beruang Kutub Pertama yang Lahir di Area Tropis Disuntik Mati Hari Ini

Pakar biologi Eric Regehr dari Polar Science Center di University of Washington mengatakan, hilangnya es lautan akibat perubahan iklim tetap menjadi ancaman paling utama bagi spesies ini, tetapi seperti yang ditunjukkan dalam studi, ada variasi di mana dan kapan efek menghilangnya es laut muncul.

“Beberapa subpopulasi memang menurun, tetapi lainnya masih baik-baik saja,” ujarnya.

Hasil survei Regehr menunjukkan bahwa ada setidaknya 3.000 individu dalam subpopulasi Lautan Chukchi dengan angka kelahiran dan keselamatan anak yang baik. Kondisi ini, menurut para peneliti, disebabkan oleh keragaman spesies di Lautan Chukchi.

Regehr berkata bahwa mayoritas Lautan Chukchi dangkal dan kaya akan nutrisi karena airnya datang dari Pasifik. Hal ini membuat Lautan Chukchi sangat cocok untuk ditinggali oleh berbagai hewan liar, termasuk anjing laut yang merupakan salah satu makanan utama beruang kutub.