Beruang Kutub Alami Bencana Kelaparan karena Pemanasan Global

Kompas.com - 03/02/2018, 20:07 WIB
Shela Kusumaningtyas

Penulis

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com -- Beruang kutub merupakan spesies sentinel ketika mereka berhadapan dengan pemanasan global. Bergantung pada laut yang tertutup es untuk berburu dan berkembang biak, mereka sangat rentan ketika habitatnya menyusut.

Dalam studi baru yang dirilis Kamis, (2/2/2018) di jurnal Science, para peneliti dari US Geological Survey dan lembaga lainnya melacak sembilan beruang kutub betina ketika mereka menjelajahi lautan es di Laut Beaufort.

Beruang kutub tersebut dipakaikan ikat leher yang bisa merekam, serta mendata lokasi dan aktivitas mereka selama dua minggu. Para peneliti juga menggunakan alat pelacak untuk membaca penggunaan energi beruang.

Data yang dikumpulkan tim menggambarkan bahwa banyak beruang mengalami defisit energi. Mereka membakar lebih banyak energi daripada yang diserap dari mangsa, seperti anjing laut bercincin, dan memiliki metabolisme lebih tinggi daripada yang diasumsikan.