Akhirnya Terjawab, Alasan Komodo Hanya Ada di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2018, 19:32 WIB
Wisatawan berpose di belakang komodo, di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT. Julianus EbolWisatawan berpose di belakang komodo, di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.

KOMPAS.com — Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang panjangnya bisa mencapai 3 meter. Ia tergolong predator buas yang bisa menyerang rusa dan manusia. Tetapi, mengapa reptil satu ini hanya ditemukan di Nusa Tenggara?

Menurut sebuah studi yang terbit di Prosiding Royal Society B, Rabu (14/11/2018), komodo bukannya tak bisa menjajah daerah lain atau menguasai dunia, tapi mereka memang tidak ingin melakukannya.

Sekelompok ahli yang mengamati komodo di empat pulau selama satu dekade mengungkap bahwa komodo tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup. Tim peneliti menyebut mereka adalah kelompok homebody atau anak rumahan yang sesungguhnya.

Padahal, jika komodo mau, mereka bisa menempuh puluhan mil dan melewati medan berat untuk sampai ke daerah lain. Namun, sepertinya mereka tidak merasa perlu melakukan itu.