Bukan Komodo, Hewan di Video 9GAG adalah Biawak! Ini Beda Keduanya

Kompas.com - 27/02/2018, 13:37 WIB
Pria menggendong hewan mirip komodo Pria menggendong hewan mirip komodo

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, viral sebuah video seorang pria menggendong hewan mirip komodo. Meski begitu, ternyata hewan tersebut bukanlah komodo yang terkenal mematikan, melainkan biawak air Asia.

Keduanya memang masih "bersaudara", yaitu sama-sama ada dalam kedua kadal. Selain itu, melihat dari ukuran dan bentuknya, sekilas kedua hewan tersebut sangat sulit dibedakan.

Sebenarnya, komodo termasuk dalam keluarga biawak atau genus Varanus. Ini dibuktikan dengan namanya Varanus komodoensis.

Komodo merupakan salah satu biawak terbesar dan paling mematikan di dunia karena racunnya yang sangat kuat. Hal ini juga dimiliki oleh biawak lainnya.

Baca juga : Viral Video Pria Gendong Komodo di 9GAG, Ini Kata Ahli

Lalu sebenarnya, apa sih perbedaan antara komodo dan biawak (biasa/non-komodo)?

Dirangkum dari Quora, 9 April 2017, David Kirshner, seorang ahli binatang menyebut bahwa perbedaan antara biawak dan komodo bergantung pada definisi biawak itu sendiri.

"Keluarga biawak, Varanidae, memiliki sejumlah besar spesies dengan berbagai ukuran mulai dari yang sangat kecil hingga sangat besar," tulis Kirshner yang juga berprofesi sebagai fotografer alam liar tersebut.

"Dengan mengabaikan ukuran, biawak yang paling mirip dengan komodo adalah kerabat terdekatnya, yaitu biawak renda Australia timur (Varanus varius)," imbuhnya.

Ukuran

Perbedaan keduanya adalah ukuran tubuhnya. Komodo memiliki tubuh yang lebih tebal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber quora
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X