Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga Turunkan Berat Badan, Menurut Sains

Kompas.com - 09/11/2018, 18:33 WIB
Ilustrasi tidak makanMaleWitch Ilustrasi tidak makan

KOMPAS.com - Ketika ingin menurunkan berat badan, orang cenderung akan melakukan diet atau olahraga ketat. Kebanyakan orang berpikir bahwa menurunkan berat badan adalah perkara durasi berolahraga tanpa berpatokan pada waktu tertentu.

Namun, pendapat itu baru saja dibantah oleh sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology.

Menurut para peneliti, waktu internal tubuh atau sering disebut ritme sirkadian juga mempengaruhi pembakaran kalori.

Seperti yang kita tahu, meski ada waktu 24 jam, tubuh memiliki siklusnya sendiri untuk beristirahat pada malam hari dan terjaga pada siang hari.

Dari ritme tersebut, para peneliti menemukan bahwa tubuh membakar kalori 10 persen lebih banyak saat sore hari dibanding pada pagi, siang, atau malam hari.

"Fakta bahwa melakukan aktivitas yang sama pada satu waktu secara terus menerus (rutin) dalam sehari akan membakar lebih banyak kalori dibanding beraktivitas yang sama tapi pada waktu yang berbeda dalam satu hari mengejutkan kami," ungkap Kirsi-Marja Zitting, penulis utama penelitian ini dikutip dari Live Science, Kamis (08/11/2018).

Temuan baru ini mungkin menjelaskan mengapa pekerja dengan shift malam atau orang yang tidur tidak teratur memiliki risiko besar untuk obesitas. Itu karena kegiatan mereka tidak selaras dengan jam internal tubuh manusia.

"Ada kemungkinan bahwa makan ketika kebutuhan pengeluaran energi Anda rendah cenderung membuat berat badan bertambah," kata Jeanne Duffy, penulis senior studi ini.

Penelitian ini dilakukan karena para ilmuwan ingin menguji bagaimana ritme sirkadian mempengaruhi metabolisme tubuh, terlepas bagaimana tingkat aktivitas dan kebiasaan tidur serta makan mereka.