Kompas.com - 01/11/2018, 19:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada Senin (29/10/2018) kemarin langsung menyedot perhatian publik. Bahkan berbagai media memberitakan tragedi dengan jumlah korban 188 orang itu.

Meski banyak pemberitaan, seperti yang kita ketahui, biasanya orang dengan cepat melupakan peristiwa itu. Menurut laporan Science Mag tahun 2016, pembaca akan kehilangan minat sekitar satu minggu setelah pemberitaan.

Perhatian Relatif Singkat

Dengan pengetahuan semudah menyentuh layar, segala pemberitaan seperti memori tak terbatas bagi manusia. Namun menghadapi hal ini, perhatian manusia menjadi relatif singkat.

Ilmuwan sosial mengacu pada hilangnya minat pada sebuah topik sebagai peluruhan perhatian.

"Internet menawarkan pengetahuan tanpa batas, tetapi tidak memecahkan masalah rentang perhatian terbatas kita," ungkap Taha Yasseri, penulis utama penelitian ini dikutip dari Science Mag, Selasa (11/10/2016).

Yasseri awalnya tertarik untuk melihat perilaku online seputar kecelakaan pesawat setelah targedi kecelakaan Germanwings Flight 9525.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan rasa penasarannya, ilmuwan sosial dari Universitas Oxford ini memeriksa tampilan laman dan penghitungan yang berjalan dari semua orang yang telah mengunjungi situs.

Hasilnya, pengunjung situs memuncak pada beberapa hari setelah kecelakaan dan dengan cepat turun sekitar satu minggu.

Dia mulai kemudian melihat tabrakan lain baik besar maupun kecil dan memperhatikan pola tampilan halaman yang serupa untuk semuanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.