Batu Bata dari Urine Manusia: Hemat Biaya dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 28/10/2018, 11:43 WIB
Batu bata dari urine manusia Batu bata dari urine manusia

KOMPAS.com - Para peneliti telah menemukan cara untuk membuat batu bata secara berkelanjutan atau ramah lingkungan dari air seni atau air kencing manusia.

"Bio-bata" dibuat dengan mencampur pasir dengan bakteri yang menghasilkan urase. Urase sendiri adalah enzim yang memecah urea dalam urin sementara pada saat yang sama menghasilkan kalsium karbonat.

Ketika dicampur, hasilnya adalah batu bata yang sama dengan batu kapur. Bedanya, kekuatan bio-bata ini bisa diatur tergantung pada seberapa lama bakteri dibiarkan tumbuh.

"Semakin lama Anda mengizinkan bakteri kecil untuk membuat semen, semakin kuat produk yang akan dihasilkan. Kami bisa mengoptimalkan proses itu," kata penulis utama penelitian ini, Dyllon Randall, dalam penjelasan yang dirilis oleh University of Cape Town.

Konsep Berkelanjutan

Sebagian besar batu bata yang dibuat di seluruh dunia masih berasal dari proses yang belum sempurna. Apalagi, untuk mengeringkannya, batu bata harus dibakar menggunakan alat pengering pada suhu 1,400 derajat Celcius.

Pembakaran itu menghasilkan banyak karbon dioksida. Meski begitu, proses ini menghasilkan limbah nol, karena produk sampingannya adalah unsur nitrogen dan kalium yang digunakan dalam pupuk komersil.

"Yang kami lakukan terakhir adalah mengambil produk cair yang tersisa dari proses bio-bata dan membuat pupuk kedua," kata Dr Randall.

Menghemat Biaya

Dr Randall mengatakan prosesnya, yang dikenal sebagai presipitasi karbonat mikrobial, mencerminkan "cara yang sama seperti terumbu karang terbentuk di lautan".

Baca juga: Ilmuwan Jepang Bikin Tes Urine untuk Deteksi Dini Kanker

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X